kumparan
search-gray
News18 Maret 2020 14:55

Arab Saudi Akan Gelar KTT G20 Virtual untuk Atasi Virus Corona

Konten Redaksi kumparan
Mohammed bin Salman
Mohammed bin Salman. Foto: Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS
Pemerintah Arab Saudi akan menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 untuk mencari solusi mengatasi wabah virus corona. Sejauh ini, virus corona telah tersebar di antara negara-negara G20.
ADVERTISEMENT
Diberitakan Arab News, Rabu (18/3), KTT itu akan digelar secara telekonferensi, atau yang disebut KTT Virtual. Rencananya, KTT akan digelar pekan depan, namun tidak disebutkan tanggalnya.
"Para pemimpin G20 akan membuat kebijakan yang terkoordinir untuk melindungi rakyat dan menjaga perekonomian global," ujar sekretariat G20 Arab Saudi melalui email.
Sebelumnya rencana KTT Virtual ini sempat disampaikan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman kepada Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez pada Senin lalu. Arab Saudi sendiri akan menjadi tuan rumah dalam KTT G20 berikutnya.
PTR- Virus corona di Arab Saudi
Sejumlah pejalan kaki mengenakan masker di provinsi Qatif, Arab Saudi. Foto: REUTERS
"Perdana menteri mengajukan diadakannya KTT mendesak, luar biasa, dan dihadiri secara virtual untuk mengevaluasi situasi dan membentuk petajalan. Pemimpin Saudi mewujudkannya dan mengatakan akan mengadakan KTT G20 beberapa hari lagi," ujar pernyataan kantor PM Sanchez.
ADVERTISEMENT
Secara global hingga berita ini diturunkan virus corona telah menjangkiti hampir 200 ribu orang di seluruh dunia. Para penderita terdapat di seluruh negara G20.
Sepuluh negara dengan penderita terbanyak berasal dari G20, posisi 1 adalah China, disusul oleh Italia, Spanyol, Jerman, dan Korea Selatan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white