News
·
24 September 2020 21:38

Arteria Tanya Jaksa Agung soal Cleaning Service Punya Rekening Rp 100 Juta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Arteria Tanya Jaksa Agung soal Cleaning Service Punya Rekening Rp 100 Juta (94351)
Arteria Dahlan, anggota DPR RI Fraksi PDIP. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Kasus kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung (Kejagung) tengah disidik penyidik Bareskrim Polri. Tercatat sudah 131 saksi yang diperiksa mulai dari jaksa, ASN non-jaksa, hingga cleaning service. Namun sejauh ini, belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka.
ADVERTISEMENT
Anggota Komisi III DPR F-PDIP, Arteria Dahlan, menyatakan kasus kebakaran tersebut harus diusut serius dan meminta Jaksa Agung, ST Burhanuddin, agar selalu memantau proses hukumnya.
Arteria bahkan menyinggung salah satu saksi yakni petugas cleaning service di gedung yang terbakar. Arteria menyoroti petugas rekening cleaning service tersebut yang konon mencapai lebih dari Rp 100 juta.

Bahkan, kata Arteria, petugas cleaning service tersebut kabarnya selalu didampingi anak buah mantan Jaksa Agung Muda (JAM) di Kejagung ketika diperiksa penyidik.

"Jaksa Agung harus curiga, ada 1 cleaning service dia orang kerja di lantai dasar kok bisa punya akses ke lantai 6, yang ditengarai dia tidak hanya cleaning service, bisa berbuat sesuatu. Apa benar, dicek rekening uangnya di atas Rp 100 juta. Apa benar kalau dia diperiksa selalu didampingi anak buahnya mantan JAM. Apa benar ada penampilan baru yang bersangkutan dibotakin, kalau dibotakin hati-hati, sulit kalau mau cek DNA," kata Arteria dalam rapat Komisi III DPR dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin pada Kamis (24/9).
Arteria Tanya Jaksa Agung soal Cleaning Service Punya Rekening Rp 100 Juta (94352)
Foto udara gedung utama Kejaksaan Agung yang terbakar di Jakarta, Minggu (23/8/2020). Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA FOTO
"Harusnya Jaksa Agung jangan terlalu percaya sama orang, harus diatensi dan dicermati. Kami minta diusut siapa yang lakukan, siapa yang bantu, siapa aktor intelektual, apa karena kesengajaan atau kelalaian," lanjut Arteria.
ADVERTISEMENT
Menanggapi hal tersebut, Burhanuddin menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Bareskrim Polri. Ia menyatakan informasi cleaning service yang diduga memiliki rekening di atas Rp 100 juta tengah didalami penyidik Bareskrim.
"Informasi adanya rekening, rekening ini sudah didalami penyidik Bareskrim soal rekening Rp 100 juta yang tidak sesuai dengan pendapatannya ini sudah mulai didalami," ucapnya.
Arteria Tanya Jaksa Agung soal Cleaning Service Punya Rekening Rp 100 Juta (94353)
Jaksa Agung ST Burhanuddin. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Sementara itu JAMPidum, Fadil Zumhana, menyatakan memang terdapat salah seorang cleaning service yang beberapa didalami keterangannya. Ia menyebut cleaning service itu bernama Joko.
"Saksi cleaning service bernama Joko ini memang bolak-balik (diperiksa). Bahkan dilakukan pemeriksaan lie detector supaya terungkap apa yang seseungguhnya diketahui dan dilakukan yang bersangkutan," ucap Fadil.
Fadil menyatakan, pihaknya juga telah meminta penyidik Bareskrim agar mendalami informasi bahwa Joko konon memiliki rekening di atas Rp 100 juta. Rekening tersebut dinilai tidak wajar.
ADVERTISEMENT
"Kami minta nanti penyidik ungkap darimana uangnya dan uang siapa itu," tutupnya.