kumparan
7 Juni 2019 17:29

Arus Balik di Stasiun Gambir dan Senen Masih Sepi

Suasana kedatangan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat
Suasana kedatangan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (7/6). Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan
Suasana kedatangan penumpang arus balik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, pada hari ketiga Lebaran terpantau masih sepi. kumparan yang berada di Stasiun Gambir memantau penumpang cenderung ramai cenderung sepi.
ADVERTISEMENT
Belum nampak ada penumpukan penumpang yang datang dari luar kota. Begitu juga di ruang tunggu penjemputan yang masih lengang, dan hanya ada beberapa orang saja yang duduk di bangku-bangku.
Berdasarkan laporan harian angkutan Lebaran di Posko Stasiun Gambir, terhitung Jumat (7/6) pukul 13.00 WIB, jumlah penumpang yang tiba di stasiun tersebut sebanyak 20.063 orang. Jumlah penumpang yang tiba ini terhitung lebih sedikit dari keberangkatan yang masih ramai, yakni 21.303 penumpang.
Suasana kedatangan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat
Suasana kedatangan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (7/6). Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan
Meski keberangkatan masih cukup ramai, Senior Manager Humas DAOP I Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, jumlah pemudik sudah cenderung berkurang dari puncak arus mudik pada 31 Mei hingga 7 Juni 2019.
Menurut Eva, dalam masa mudik itu rata-rata pemudik berkisar 20.000-22.500 penumpang.
ADVERTISEMENT
“Puncak arus balik diprediksi akan mulai lebih padat pada 9 Juni 2019 (H+3 Lebaran) sampai dengan 16 Juni 2019 (H+10 Lebaran),” kata Eva saat dihubungi kumparan, Jumat (7/6).
Suasana mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat
Suasana mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Foto: Soejono Eben/kumparan
Pemandangan serupa juga terlihat di Stasiun Senen. Jika dibandingkan penumpang yang datang, pemudik masih banyak yang berangkat dari stasiun tersebut.
Eva menjelaskan, per hari ini sudah ada 27.029 penumpang yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen dengan berbagai rute keberangkatan.
“Jumlah tersebut masih tinggi seperti pada H-5 (31 Mei) sampai dengan H+1 (7 Juni), di mana angka penumpang berkisar di antara 26 ribu sampai dengan 27 ribu per hari,” ujar Eva.
Jika ditotal, ada 37.089 penumpang yang tiba di Stasiun Gambir sejak 6 Juni 2019. Sementara di Stasiun Senen jumlah kedatangan penumpang mencapai 42.969 orang.
ADVERTISEMENT