News
·
19 Februari 2021 14:30

AS Akui Perubahan Iklim Picu Suhu Dingin Ekstrem di Texas: Kami Tak Cukup Siap

Konten ini diproduksi oleh kumparan
AS Akui Perubahan Iklim Picu Suhu Dingin Ekstrem di Texas: Kami Tak Cukup Siap (14526)
Usai badai musim dingin warga texas dilanda listrik padam. Foto: REUTERS/Go Nakamura
Gedung Putih mengungkap penyebab cuaca ekstrem yang terjadi di Texas dan beberapa wilayah. Insiden tersebut menyebabkan puluhan orang kehilangan nyawa.
ADVERTISEMENT
Texas yang berada di sebelah selatan AS dikenal sebagai wilayah penghasil gas dan minyak bumi. Mereka jarang mengalami suhu dingin ekstrem seperti yang terjadi saat ini.
Penasihat Keamanan Gedung Putih Liz Sherwood-Randall mengatakan, cuaca ekstrem terjadi karena perubahan iklim.
AS Akui Perubahan Iklim Picu Suhu Dingin Ekstrem di Texas: Kami Tak Cukup Siap (14527)
Robert Salazar mengenakan sepatu bot salju darurat saat negara bagian Texas mengalami pemadaman listrik yang meluas dan suhu yang memecahkan rekor di Houston, AS. Foto: CALLAGHAN O'HARE/REUTERS
"Cuaca ekstrem yang terjadi pekan ini, sekali lagi menunjukkan bahwa perubahan iklim itu nyata dan sedang terjadi," kata Sherwood-Randall seperti dikutip dari Reuters.
"Kami tidak cukup siap untuk itu," sambung dia.
Pada kesempatan terpisah, jubir Gedung Putih Jen Psaki merespons komentar Gubernur Texas Greg Abott mengenai cuaca ekstrem.
Abott sebelumnya menyalahkan pemerintah federal yang Partai Demokrat atas cuaca ekstrem di wilayah yang dipimpinnya. Abott yakin cuaca ekstrem yang berujung pemadaman listrik dan kekurangan pasokan air, merupakan dampak dari upaya Partai Demokrat beralih dari bahan bakar fosil ke sumber energi hijau.
AS Akui Perubahan Iklim Picu Suhu Dingin Ekstrem di Texas: Kami Tak Cukup Siap (14528)
Usai badai musim dingin warga texas dilanda listrik padam. Foto: REUTERS/Go Nakamura
Psaki menegaskan, tuduhan Abott sepenuhnya tak akurat. Dia meminta otoritas Texas untuk memastikan melindungi infrastruktur dengan lebih baik, serta menjaganya agar bisa terus dipakai di masa mendatang.
ADVERTISEMENT
Cuaca ekstrem di Negara Bagian Texas sempat membuat 2,7 juta rumah tangga terdampak pemadaman listrik. Saat ini, usai melakukan berbagai perbaikan tersisa 325 ribu rumah tangga di Texas terdampak pemadaman listrik.