kumparan
13 Desember 2019 13:09

Atlet MMA Sunoto Laporkan Anak Alex Kumara Terkait Penipuan

PTR, Atlet MMA Sunoto membuat laporan penipuan
Kuasa hukum, Atlet MMA Sunoto, Rian Hidayat, usai membuat laporan penipuan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (13/12). Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan
Atlet olahraga Mix Martial Art (MMA) Sunoto melaporkan anak pengusaha pertelevisian Alex Kumara, Adri Andika Kumara. Laporan tersebut terkait penipuan fee saat Sunoto menjadi motivator dalam acara bakti sosial yang digelar sebuah event organizer.
ADVERTISEMENT
Sunoto melalui kuasa hukumnya, Rian Hidayat, melaporkan kasus tersebut ke Polda Metro Jaya. Laporan itu teregister dengan nomor LP/8086/XII/2019/PMJ/Dit. Reskrimum tertanggal 13 Desember 2019.
"Klien saya ini atlet MMA, bela diri sudah level profesional. Pada intinya terkait dengan, sebenarnya kami melaporkan masalah 263 ayat 1, ayat 2 juga mengenai pemalsuan surat. Cuma karena suratnya dipegang sama, bukan aslinya di kita kan. Jadi ini rangkaian penipuan akhirnya masuknya adalah 378," kata Rian usai membuat laporan di SPKT Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (13/12).
Rian menjelaskan kasus ini bermula dari acara bakti sosial yang digelar pada 21-23 Oktober 2019 di Cipanas, Bogor. Ia mengatakan fee dari kegiatan tersebut tidak pernah masuk ke rekening kliennya, melainkan dibayarkan kepada Adri.
ADVERTISEMENT
"Nah, oleh karena itu adanya beberapa rangkaian yang diduga pemalsuan tadi, diduga tidak jujur melakukan transfer, diduga lagi katanya sudah mengirimkan namun saat ini belum ada pengiriman oleh karena itulah kami memasukkan pelaporan di sini pasal 378 KUHP. Mudah-mudahan nanti berkembang ke 263 ayat 1 dan 263 ayat 2 kuhp," kata Rian.
Atlet MMA Sunoto membuat laporan penipuan
Atlet MMA Sunoto (tengah) didampingi kuasa hukumnya, Rian Hidayat usai membuat laporan penipuan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (13/12). Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan
Di lokasi yang sama atlet MMA, Sunoto, menjelaskan hubungannya dengan Adri. Ia mengatakan Sunoto secara tidak tertulis merupakan manajernya. Sebab, Adri merupakan sosok yang selalu mendampingi Sunoto setiap ada pertandingan maupun event lainnya.
"Jadi setiap event apa pun itu kayak saya main di mana pun, di Jepang, di China di mana dia selalu mendampingi saya. Jadi kaya misalkan ada saya ada main di sini-di sini itu melalui dia. Apa pun melalui dia. Kayak yang kasus yang saya laporkan ini juga melalui dia," kata Sunoto.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, menurut Sunoto, sebelumnya setiap pembayaran fee selalu masuk ke rekeningnya. Baru kali ini bayaran tersebut digelapkan oleh Adri.
Sunoto sudah berkomunikasi terkait hal tersebut. Namun tidak ada itikad baik dari Adri sehingga ia pun mempolisikannya.
"Sebenarnya sampai saya laporkan kan ibaratnya karena saya sudah capek dengan janji dia. Mau balikin-balikin bahkan sempat itu tadi ngirim bukti-bukti kalau dia sudah transfer tapi ternyata enggak ada," kata Sunoto.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan