News
·
14 Januari 2021 19:34

Atlet Renang AS Peraih Emas Olimpiade Ikut Jadi Perusuh di Capitol

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Atlet Renang AS Peraih Emas Olimpiade Ikut Jadi Perusuh di Capitol (133905)
Atlet renang AS, Klete Keller. Foto: Greg Wood/AFP
Atlet renang peraih medali olimpiade AS, Klete Keller (38), ditetapkan sebagai terdakwa atas kasus kerusuhan di gedung kongres US Capitol. Departemen Kehakiman menetapkan status ini pada Keller di hari Rabu (13/1).
ADVERTISEMENT
Mengutip Al Jazeera, didapati dalam rekaman sosok Keller menjadi salah seorang dari kerumunan massa pendukung Trump tersebut. Ia juga salah satu pengunjuk rasa yang menerobos garis batas polisi dan memaksa untuk masuk gedung kongres.
Dalam dakwaan resmi dituliskan bahwa polisi mengidentifikasi sang peraih medali olimpiade salah satunya, karena menggunakan jaket tim resmi berlogo “AS” di bagian belakang dengan di lengan jaket bertuliskan “Tim Olimpiade Amerika Serikat”.
Keller pernah berkompetisi dalam olimpiade pada2000, 2004, dan 2008. Saat itu ia meraih dua kali medali emas dan satu perak pada estafet gaya bebas, juga dua perunggu untuk gaya bebas 400 meter per orangan.
Atlet Renang AS Peraih Emas Olimpiade Ikut Jadi Perusuh di Capitol (133906)
Pendukung Presiden AS Donald Trump berkumpul saat aksi protes di depan Gedung Capitol AS di Washington, AS, Rabu 6 Januari 2021. Foto: Stephanie Keith/REUTERS
Kerusuhan di gedung kongres US Capitol terjadi pada Rabu (6/1/2021). Para pendukung Donald Trump menjadi pelopor terjadinya peristiwa tersebut.
ADVERTISEMENT
Saat itu ribuan pendukung Trump beramai-rami mendatangi Capitol untuk mencegah pengesahan kemenangan Biden. Pada peristiwa itu, 5 orang tewas. Salah satunya korban merupakan seorang polisi yang sedang bertugas mengamankan Capitol.