News
·
18 Oktober 2020 20:24

Bacok Polisi, Pencuri Sepeda Lipat di Gowa Tewas Usai Ditembak di Kaki

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bacok Polisi, Pencuri Sepeda Lipat di Gowa Tewas Usai Ditembak di Kaki (18271)
Konpers pencuri sepeda lipat di Gowa Sulsel yang ditembak mati. Foto: Dok. Istimewa
Seorang pencuri sepeda lipat di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), Zaenal alias Eki (28), ditembak mati polisi. Zaenal ditembak oleh Tim Anti Bandit Polres Gowa karena membacok petugas saat dilakukan pengembangan kasus, Minggu (18/10) dini hari.
ADVERTISEMENT
Sebelum tewas, buruh harian lepas ini sempat dilarikan ke rumah sakit (RS) Polri, Bhayangkara Makassar untuk diberikan perawatan medis. Namun nyawanya tak tertolong diduga karena kehabisan darah dan sesak napas.
"Pelaku sempat dilarikan ke rumah sakit usai ditembak pada bagian kaki. Bahkan, ia sempat dibawa pulang, tapi di perjalanan ke Polres Gowa, pelaku mengalami sesak napas. Sehingga, kembali dibawa ke rumah sakit, tapi nyawanya sudah tak tertolong dan dinyatakan meninggal," kata Kasat Reskrim Polres Gowa, AKP Jufri Natsir saat jumpa pers di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, Minggu (18/10).
Bacok Polisi, Pencuri Sepeda Lipat di Gowa Tewas Usai Ditembak di Kaki (18272)
Sepeda lipat yang dicuri di Gowa Sulsel yang ditembak mati. Foto: Dok. Istimewa
Penangkapan terhadap pelaku bermula ketika Tim Anti Bandit berpatroli di Kabupaten Gowa. Di tengah perjalanan, petugas mendapati pelaku berboncengan dengan temannya, Dg Tiro (30), tengah membawa sepeda lipat.
ADVERTISEMENT
Saat dicegat, pelaku Eki yang dibonceng itu langsung turun dari motor. Kemudian, Eki langsung melakukan perlawanan dengan cara membacok personel bernama Bripka Andrianto dengan sebilah parang panjang yang dibawanya. Akibatnya, dua jari tangan kiri Bripka Adrianto hampir putus. Seketika pelaku Eki langsung ditangkap. Kemudian rekannya, Dg Tiro berhasil melarikan diri.
"Di hadapan petugas, Eki mengakui jika sepeda yang dibawanya merupakan hasil curian. Sehingga, personel pun melakukan pengembangan kasus untuk mencari Dg Tiro di salah satu rumah kosong. Tapi ketika di rumah tersebut, Eki berusaha melarikan diri dan terpaksa diberikan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kaki untuk melumpuhkannya," tambahnya.
Bacok Polisi, Pencuri Sepeda Lipat di Gowa Tewas Usai Ditembak di Kaki (18273)
Jenazah pencuri sepeda lipat di Gowa Sulsel yang ditembak mati. Foto: Dok. Istimewa
Jufri menerangkan, Eki merupakan residivis pencurian dengan kekerasan yang kerap beraksi di Kabupaten Gowa, Sulsel. Berdasarkan catatan kriminal pelaku, dia telah memiliki enam laporan polisi terkait pencurian. Saat beraksi, Eki membawa parang. Dia tak segan-segan melukai para korban jika melakukan perlawanan.
ADVERTISEMENT
"Pelaku residivis pencurian kekerasan di beberapa TKP di kabupaten Gowa. Hasil pemeriksaan urine oleh tim medis Rumah Sakit Bhayangkara, terduga pelaku positif pengguna narkoba," tegasnya.
Bacok Polisi, Pencuri Sepeda Lipat di Gowa Tewas Usai Ditembak di Kaki (18274)
Konpers pencuri sepeda lipat di Gowa Sulsel yang ditembak mati. Foto: Dok. Istimewa
Hingga saat ini, jenazah Zaenal alias Eki, telah diserahkan ke pihak keluarga dan dibawa ke rumah duka, Jalan Dahlia lorong 1, Batangkaluku, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Sementara, untuk rekan terduga pelaku, Dg Tiro, masih dalam pencarian.