Hujan Badai Terjang Jeddah: 2 Warga Tewas hingga Sekolah Ditutup

25 November 2022 3:35
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi hujan deras. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi hujan deras. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Sedikitnya dua orang tewas ketika hujan badai melanda Jeddah, wilayah barat Arab Saudi, pada Kamis (24/11). Hujan lebat menyebabkan penerbangan tertunda (delay), sekolah diliburkan, dan jalan utama Kota Jeddah menuju Kota Makkah tertutup.
ADVERTISEMENT
"Dua kematian telah dicatat sejauh ini, dan kami meminta semua orang untuk tidak keluar kecuali bila perlu," cuit pemerintah Makkah, dikutip dari AFP, Jumat (25/11).
Wilayah Makkah meliputi kota terbesar kedua di Arab Saudi berpenduduk sekitar empat juta orang, Jeddah, dan kota suci tempat jutaan orang menunaikan haji dan umrah setiap tahunnya, Makkah.
Jalan yang menghubungkan kedua kota ini biasa digunakan para peziarah untuk mencapai Makkah. Saat hujan mulai turun, jalan tersebut ditutup untuk sementara waktu.
Jemaah umrah terlihat mengitari Ka'bah di bawah hujan lebat di Masjidil Haram di Makkah. Sementara itu, air tampak menghentikan lalu lintas dan merendam sebagian kendaraan di Jeddah. Bandara Internasional Raja Abdul Aziz pun menunda beberapa penerbangan.
ADVERTISEMENT
Saudi Press Agency melaporkan, sekolah-sekolah di kota itu tutup sementara karena hujan diperkirakan berlanjut sepanjang hari.
Sekolah juga ditutup di kota-kota terdekat seperti Rabigh dan Khulais. Padahal, Arab Saudi sedang menggelar ujian akhir sekolah.
Hujan badai selama musim dingin dan banjir bandang terjadi hampir setiap tahun di Jeddah. Para penduduk telah lama mengeluhkan buruknya infrastruktur. Banjir menewaskan 123 orang di kota itu pada 2009 dan sepuluh orang lagi dua tahun kemudian.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·