News
·
12 Juli 2017 10:50

Bank Mantap Resmi Catatkan Obligasi Rp 2 Triliun di BEI

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bank Mantap Resmi Catatkan Obligasi Rp 2 Triliun di BEI (127647)
Pencatatan Perdana Obligasi PT Bank Mandiri Taspen (Foto: Ela Nurlaela/kumparan)
PT Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap) hari ini mencatatkan penerbitan obligasi senilai Rp 2 triliun di Bursa Efek Indonesia (BEI). Obligasi ini terdiri dari seri A dan seri B yang telah mendapatkan peringkat AA (idn) dari Fitch Rating.
ADVERTISEMENT
Seri A memiliki nilai emisi Rp 1,5 triliun dengan tingkat bunga tetap 8,5 persen per tahun dan jangka waktu 3 tahun. Sedangkan seri B memiliki nilai emisi Rp 500 miliar dengan tingkat bunga tetap 8,75 persen dan jangka waktu 5 tahun.
Direktur Utama Bank Mantap, Josephus K. Triprakoso, berharap aksi korporasi tersebut bisa menambah aset perseroan. Menurut dia, Bank Mantap membutuhkan obligasi di pasar modal karena saat ini pertumbuhan kredit yang cukup ekspansif.
"Kredit kuartal II 2017 tumbuh 174,4 persen menjadi Rp 7,54 triliun dari Rp 2,74 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya," kata Josephus saat pencatatan saham perdahanya di Bursa Efek Indonesia, Kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta, Rabu (12/7).
ADVERTISEMENT
Menurut Josephus, aset perseroan saat ini tercatat mencapai Rp 9,79 triliun atau tumbuh 136,39 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan tersebut diharapkan dapat terus meningkatkan daya saing perseroan.
Dalam aksi korporasinya, Bank Mantap telah menunjuk empat perusahaan penjamin emisi yakni Mandiri Sekuritas, BCA Sekuritas, Danareksa Sekuritas, dan Bahana Sekuritas.
"Pencapaian tersebut tak lepas dari komitmen perseroan dalam mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan pensiunan PNS serta TNl/Polri yang bertujuan memperkuat kemandirian nasional dan meningkatkan daya saing," ujar Josephus.
Selain itu, untuk meningkatkan pembiayaan dan pengumpulan dana masyarakat, Josephus mengatakan perseroan terus peningkatan kenyamanan bertransaksi. Ia menyebutkan saat ini Bank Mantap terus mengembangkan jaringan kantor cabang, jaringan elektronik, maupun jaringan layanan lainnya.
ADVERTISEMENT
Hingga Juni 2017, Bank Mantap telah memiliki jaringan 146 kantor cabang dan menargetkan jumlahnya bisa mencapai 186 unit kantor cabang ditambah layanan 9 mobil kas keliling pada akhir 2017.