News
·
11 Mei 2021 16:44

Banyak yang Rindu Masjid Istiqlal, tapi Kondisi Tak Mungkin Salat Idul Fitri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Banyak yang Rindu Masjid Istiqlal, tapi Kondisi Tak Mungkin Salat Idul Fitri  (287596)
searchPerbesar
Seorang jamaah membaca Al Quran di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (4/5/2021). Foto: Wahyu Putro A/ANTARA FOTO
Bukan hanya salah Idul Fitri kenegaraan, Masjid Istiqlal juga membatalkan salat Idul Fitri untuk masyarakat umum. Alasannya karena perkembangan kasus COVID-19 yang dinilai belum membaik.
ADVERTISEMENT
Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar berharap di Idul Adha mendatang keadaan jauh lebih dan Istiqlal bisa menggelar salat Id.
"Kami mohon maaf segenap jemaah dan pecinta Masjid Istiqlal. Mudah-mudahan Idul Adha lebih baik. Maka kita akan buka untuk umum," ujar Nasaruddin di Istiqlal, Selasa (11/5).
Banyak yang Rindu Masjid Istiqlal, tapi Kondisi Tak Mungkin Salat Idul Fitri  (287597)
searchPerbesar
Umat Islam melaksanakan salat jumat pertama pada bulan Ramadhan 1442 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (16/4). Foto: Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO
"Kita tahu banyak yang sudah merindukan Istiqlal yang sudah indah dan cantik, tapi kondisi kita enggak memungkinkan untuk buka salat Id," lanjutnya.
Sebelum memutuskan untuk tidak menggelar salat Id, pihak Istiqlal sudah melakukan simulasi terlebih dahulu. Namun dianggap kondisinya masih sangat berisiko.
"Kita di lantai 2, melewati tangga yang sama, pulang pergi. Setelah kami melakukan simulasi, mengantisipasi yang terjadi kami simpulkan Istiqlal seperti tahun lalu, belum dibuka untuk salat Id," kata dia.
ADVERTISEMENT