News
·
25 Februari 2021 0:46

Basarnas Evakuasi Puluhan Penambang Emas di Sulteng yang Tertimbun Longsor

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Basarnas Evakuasi Puluhan Penambang Emas di Sulteng yang Tertimbun Longsor (119223)
Basarnas Terjunkan Tim Rescue Evakuasi Puluhan Penambang Emas Di Sulawesi Tengah yang Tertimbun Longsor. Foto: Dok. Istimewa
Basarnas Palu mengerahkan tim untuk mengevakuasi puluhan penambang emas di Dusun Sina'a, Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Mereka sebelumnya tertimbun longsor pada Rabu (24/2) malam.
ADVERTISEMENT
Total ada sekitar 20-an penambang bekerja di dalam terowongan penambangan emas ilegal itu. Longsor terjadi secara tiba-tiba dan menutup lubang tempat penambang bekerja.
Basarnas Palu membenarkan informasi tersebut. Mereka sudah mengerahkan tim ke lokasi kejadian.
"Informasi kami peroleh dari Bapak Wawan (anggota vertical rescue Parimo) bahwa telah terjadi longsor di tempat pendulang emas di Desa Buranga Kecamatan Ampibabo, Parigi Mautong," kata Kepala Basarnas Palu Andreas Hendrik Johannes. Kamis (25/2).
"Satu tim rescue dari Pos Pencarian dan Pertolongan Parigi telah kami berangkatkan ke lokasi kejadian," tambah dia.
Selain Basarnas, personel dari kantor pencarian dan pertolongan Palu juga diberangkatkan ke lokasi.
"Belum diketahui jumlah pasti korban, Namun, kami menerima informasi dari Ketua SAR Sangolara bahwa telah dievakuasi korban yang berjumlah tiga orang dalam keadaan meninggal dunia, 15 dalam keadaan selamat dua di antaranya mengalami luka-luka," tutur Andreas.
ADVERTISEMENT