kumparan
17 Oktober 2019 11:16

BEM SI Wilayah Jabar Akan Aksi di Gedung Sate Bandung Pukul 13.00 WIB

Ilustrasi aksi mahasiswa Bandung yang berlangsung di depan Kantor DPRD Jabar, Jalan Diponegoro. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
BEM SI wilayah Jabar dipastikan akan menggelar aksi di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (17/10) sekitar pukul 13.00 WIB. BEM Unpad menjadi koordinator BEM SI untuk wilayah Jabar.
ADVERTISEMENT
Kepala Departemen Kajian Strategis BEM Unpad Muldan Halim membenarkan pihaknya akan menggelar aksi dengan tagar #TuntaskanReformasi dan #PerppuSekarangJuga di depan Kantor Gubernur Jabar.
"Iya, akan ada aksi," kata dia melalui pesan singkat.
Sementara itu, terkait tuntutan yang akan disampaikan dalam aksi kali ini, Muldan mengarahkan penjelasan kepada Ketua BEM Unpad, Imam Syahid. Namun, Imam tidak merespons ketika dihubungi.
Dalam akun Instagram @bem_si dikatakan bahwa anggota dewan mengkhianati amanah reformasi mengenai pemberantasan korupsi di Indonesia. Aksi mahasiswa yang dilakukan di berbagai wilayah ternyata tidak dihiraukan oleh presiden dengan menunda-nunda dikeluarkannya perppu.
"Dalam hitungan kurang dari 24 jam pemerintah dan anggota dewan telah berhasil mengkhianati amanat reformasi dalam upaya pemberantasan korupsi," bunyi akun tersebut.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, aksi mahasiswa jangan dihentikan dan mesti menurunkan massa dengan jumlah yang lebih banyak. Hal itu bertujuan agar presiden segera mengeluarkan perppu.
"Kita akan segera mulai gelombang lebih besar hingga presiden mau berpihak pada rakyat dengan mengeluarkan #PerppuSekarangJuga," tulis akun tersebut.
Sementara itu, beredar pula di media sosial mengenai ajakan untuk aksi pada Kamis (17/10) di depan Gedung Sate, Kota Bandung. Salah satu akun yang memosting ajakan tersebut ialah @pembebasanbdg.
Aksi yang diberi nama Aksi Panggung Rakyat tersebut menuntut penolakan terhadap sejumlah rancangan undang-undang yang dinilai bermasalah belakangan ini hingga penghentian militerisme di Papua.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan