News
·
14 September 2020 16:25

Berkas Pendaftaran Pilwalkot Solo Teguh, Bagyo, dan FX Supardjo Belum Lengkap

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Berkas Pendaftaran Pilwalkot Solo Teguh, Bagyo, dan FX Supardjo Belum Lengkap (1034)
Bagyo Wahyono-FX Supardjo dan Gibran-Teguh Foto: kumparan
KPU Solo hari ini mengumumkan hasil pemeriksaaan syarat administrasi 4 bakal calon yang akan bersaing di Pilwalkot Solo. Hasilnya, hanya berkas milik Gibran Rakabuming Raka yang memenuhi persyaratan.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, pasangan Gibran, Teguh Prakosa dan pesaing mereka, Bagyo Wahyono dan FX Supradjo dinyatakan belum memenuhi syarat administrasi yang ditetapkan KPU Solo.
Hal tersebut terungkap dalam rapat pleno dan penyampaian hasil penelitian administrasi persyaratan calon dalam pilkada di kantor KPU Solo, Jawa Tengah, Senin (14/9).
"Dari keempat calon yang maju Pilwakot Solo, setelah kami teliti hanya administrasi persyaratan milik Gibran yang dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat," ujar Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti.
Nurul menjelaskan untuk administrasi persyaratan milik Teguh Prakosa, Bagyo Wahyono dan FX Supardjo dinyatakan tidak lengkap.
Berkas Pendaftaran Pilwalkot Solo Teguh, Bagyo, dan FX Supardjo Belum Lengkap (1035)
Pasangan calon Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa di KPU Solo. Foto: Dok. Istimewa
Untuk Teguh, kekurangannya adalah surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD Solo periode 2019-2024 dan surat keterangan tidak dalam kondisi pailit berdasarkan putusan pengadilan.
ADVERTISEMENT
"Hanya dua syarat itu yang belum dilengkapi Teguh. Kami berikan waktu tanggal 14-16 September untuk memberbaikinya," kata dia.
Sedangkan untuk pasangan Bagyo dan FX Supardjo, lanjut Nurul, kekurangannya adalah SPT pajak tahunan, Laporan Harta Kekayaan Pelenyelengara Negara (LHKPN), dan surat keterangan tidak menungak pajak. Kekurangan ketiga syarat ini harus diserahkan tanggal 14-16 September.
"Jika syarat semuanya lengkap KPU akan melakukan tahapan penetapan calon sekaligus pengundian nomor urut calon pada tanggal 23 September," katanya.