kumparan
4 Oktober 2018 14:25

BNPB: H+6 Bencana Sulteng, Korban Tewas Capai 1.424 Orang

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Graha BNPB
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho saat konfrensi pers terkait bencana Sulawesi Tengah di Graha BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (29/9). (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)
Tim SAR gabungan terus mengevakuasi korban akibat bencana Sulawesi Tengah. BNPB mencatat korban tewas akibat bencana sudah mencapai 1.424 orang.
ADVERTISEMENT
"H+6 sampai dengan siang ini tercatat korban meninggal dunia 1.424 orang," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantor BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta, Kamis (4/10).
gempa bumi, tsunami palu
Kapal Sabuk Nusantra 39 yang terdampar ke daratan akibat gempa dan tsunami di desa Wani, Pantai Barat Donggala, Sulawesi Tengah. (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Sutopo menjelaskan, sebaran korban tewas yang berhasil dievakuasi, yakni 144 orang di Donggala, 1.203 orang di Kota Palu, 64 orang di Sigi, 12 orang di Parigi Moutong, dan 1 orang Pasang Kayu Sulbar.
"Yang sudah dimakamkan 1.407 orang berasal dari kota Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong," imbuh dia.
Selain itu, korban luka berat 2.549 orang dan tengah dirawat di rumah sakit. Sebagian dirawat di luar wilayah kota Palu. Meski begitu, penanganan korban yang dirawat di rumah sakit lapangan juga terus ditingkatkan seiring dengan penambahan bantuan tenaga medis dan obat-obatan.
ADVERTISEMENT
"Korban hilang 113 orang, pengungsi 70.821 orang tersebar di 141 titik. Untuk jumlah rumah yang rusak 55.238 unit," ucap Sutopo.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan