kumparan
10 September 2019 19:31

BNPB: RI Belum Butuh Bantuan Malaysia untuk Padamkan Kebakaran Hutan

kabut asap di riau
Ojek perahu menembus kabut asap pekat dampak dari kebakaran hutan dan lahan yang menyelimuti Kota Pekanbaru. Foto: ANTARA FOTO/Rony Muharrman
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merespons pernyataan Malaysia terkait bantuan untuk memadamkan kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatra.
ADVERTISEMENT
BNPB menyatakan bantuan dari Negeri Jiran maupun negara lainnya belum dibutuhkan.
"Sehubungan dengan pernyataan Pemerintah Malaysia untuk memberikan bantuan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan, BNPB sebagai focal point penanggulangan bencana di Indonesia menyatakan belum memerlukan bantuan luar negeri," demikian keterangan BNPB kepada kumparan.
"Pemerintah daerah dengan dukungan BNPB, kementerian dan lembaga terkait masih mampu untuk penanganannya."
Sebelumnya, Menteri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Lingkungan, dan Perubahan Iklim Malaysia, Yeo Bee Yin, menyebut selain membantu pemadaman, mereka akan menggunakan segala upaya diplomatik agar Indonesia segera mengambil tindakan menangani masalah kebakaran hutan.
"Kami akan kirim nota diplomatik ke Indonesia untuk menggarisbawahi seriusnya (permasalahan) kabut asap, serta menekankan urgensi pemadaman kebakaran," kata dia.
ADVERTISEMENT
Saat ini beberapa wilayah di Malaysia diselimuti kabut asap. Diduga kabut tersebut berasal dari beberapa titik panas yang ada di Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan