kumparan
2 Jan 2019 19:56 WIB

Bobotoh: Kami Dukung Jokowi - Ma'ruf Atas Perintah Ketua Viking

Perwakilan Bobotoh (pendukung klub sepak bola Persib Bandung) kunjungi kediaman Ma'ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Sejumlah perwakilan dari pendukung Persib Bandung atau Bobotoh menemui cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin. Dalam pertemuan itu, mereka telah menyatakan dukungannya kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 mendatang.
ADVERTISEMENT
Derek, salah seorang perwakilan Bobotoh yang hadir dalam pertemuan ini, mengatakan dukungan ini berdasarkan perintah langsung dari Ketua Viking Persib Club, Heru Joko.
"Kami hadiri di sini (dukung Jokowi-Ma'ruf) atas perintah langsung Pak Heru Joko sebagai ketua kami. Saat ini Pak Heru sedang melakukan peresmian distrik Viking Fans Club Anniversary di Jepang," kata Derek di kediaman Ma'ruf di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (2/1).
Ketua Viking Persib Club, Heru Joko (tengah). (Foto: Instagram/@hondabandung.517_doel)
Sementara itu, salah seorang Bobotoh lainnya, Rendra mengatakan, dukungan ini karena Jokowi adalah sosok pemimpin yang peduli terhadap persepakbolaan Indonesia.
"Kita dukung Pak Jokowi sebab beliau pemimpin yang bela-belain nonton ke stadion, kita Bobotoh, komunitas pencinta bola, jadi kenapa sesama pecinta bola tidak kita dukung? Pak Jokowi pecinta bola, kita dukung pencinta bola," ucap Rendra.
Sejumlah perwakilan Geng Motor dan Bobotoh kunjungi kediaman Ma'ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Rendra menepis Bobotoh telah berpolitik praktis karena mendukung Jokowi-Ma'ruf. Sebaliknya, para Bobotoh perlu mendukung pasangan ini, karena pemerintahan Jokowi tengah berusaha membenahi sepak bola yang sedang kacau.
ADVERTISEMENT
"Gini, saya lihat saat ini sepak bola sedang sakit tapi kita lihat ada etika pemerintah membereskan sepak bola mulai dari Pak Imam Narhawi memanggil kita para supporter yang rusuh ke Jakarta walaupun belum berhasil. Terus ada mafia bola sedang marak sekarang," jelasnya.
"Pemerintah mulai bekerja kita pun selaku supporter mikir oh pemerintah saat ini sedang kerja walaupun dalam aturan tidak boleh pemerintah terlalu masuk dalam ranah PSSI," imbuh Rendra.
Perwakilan Bobotoh (pendukung klub sepak bola Persib Bandung) bersama Cawapres 01 Ma'ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Meski demikian, Rendra tidak bisa memastikan seluruh Bobotoh dan anggota Viking akan mendukung Jokowi-Ma'ruf.
"Kita tidak bisa kasih kepastian karena di sini Viking kelompok terbesar. Kita punya banyak fans club lain tapi secara struktural kami Viking mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin ini, Pak Heru (mendukung) Jokowi," pungkas Rendra.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan