News
·
17 Februari 2021 19:13

Bocah di Turki Meninggal Tanpa Perpisahan dengan Ayahnya yang Dipenjara

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bocah di Turki Meninggal Tanpa Perpisahan dengan Ayahnya yang Dipenjara (68287)
Ilustrasi seoarang ayah bersama anaknya. Foto: pixabay.com
Seorang bocah berumur 5 tahun asal Turki meninggal dunia tanpa sempat mengucapkan kata perpisahan ke sang ayah.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Turkish Minute, bocah perempuan bernama Kubra Kuzan itu meninggal pada hari Minggu (14/2/2021). Ia meninggal karena kanker otak yang dideritanya.
Sang ayah, Ertugrul Kuzan, merupakan seorang birokrat yang diduga terkait gerakan Gulen. Ia kemudian diberhentikan dari pekerjaannya di Council of Forensic Medicine pada tahun 2016 karena terkait gerakan yang menjadi musuh rezim Presiden Recep Tayyip Erdogan.
Kuzan sebenarnya telah meminta penangguhan hukuman penjara berdasarkan undang-undang eksekusi hukuman.
UU itu menetapkan bahwa hukuman narapidana yang kerabat derajat pertamanya sakit parah dapat ditunda selama satu tahun.
Namun pihak berwenang menolak permintaannya. Sementara itu, sang anak Kubra telah menangis meminta kehadirannya ayahnya di bulan-bulan pertama penyakitnya.
Kuzan sempat diizinkan menemui putrinya pada 6 Januari lalu. Saat itu keadaan Kubra sedang membaik dari yang sebelumnya kehilangan kesadaran.
ADVERTISEMENT
Aktivis hak asasi manusia dan wakil Partai Rakyat Demokratik (HDP) Omer Faruk Gergerlioglu membagikan berita kematian Kubra di Twitter. Dia menyorot tajam kejadian tersebut.
Ia menyebutkan Kuzan hanya dapat melihat putrinya setelah dia sudah dalam perawatan intensif sebelum akhirnya kembali dijebloskan ke dalam penjara.