News
·
5 Agustus 2020 8:18

Boeing 737 MAX Masih Belum Dapat Terbang di Eropa

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Boeing 737 MAX Masih Belum Dapat Terbang di Eropa  (38979)
Pesawat Boeing 737 MAX mendarat setelah penerbangan uji coba di Boeing Field di Seattle, Washington, AS. Foto: Karen Ducey/REUTERS
Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (EASA) masih belum memberikan tanggal yang pasti kapan pesawat Boeing 737 MAX dapat beroperasi lagi di Eropa.
ADVERTISEMENT
Pesawat Boeing 737 MAX dilarang terbang di seluruh dunia sejak Maret 2019, setelah dua kecelakaan fatal terjadi yang menewaskan semua kru dan penumpang pesawat.
Kecelakaan yang pertama terjadi pada Oktober 2018. Penerbangan Lion Air Penerbangan 610 dari Jakarta menuju Pangkal Pinang jatuh ke laut dan menewaskan 189 orang penumpang dan awak kapal.
Boeing 737 MAX Masih Belum Dapat Terbang di Eropa  (38980)
Parkiran pesawat Boeing 737 MAX yang digrounded. Foto: Getty Images/David Ryder
Empat bulan kemudian, peristiwa kembali terjadi dengan pesawat jenis yang sama. Ethiopian Airlines Penerbangan 302 dari Addis Ababa menuju Nairobi, Kenya, jatuh dan menewaskan 157 orang di dalamnya.
Sampai Agustus ini, Boeing 737 MAX telah dilarang terbang oleh EASA selama 17 bulan. EASA mengatakan pada Selasa (04/08) bahwa ada perkembangan yang baik, namun masih ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh Boeing sebelum larangan terbang diangkat. Izin terbang baru dikeluarkan setelah Boeing 737 MAX dirasa aman untuk beroperasi.
ADVERTISEMENT
Administrasi Penerbangan Federal (FAA) milik AS sendiri sudah bergerak selangkah lebih maju untuk mengizinkan Boeing 737 MAX kembali terbang. Uji terbang telah selesai dilakukan oleh FAA pada 2 Juli 2020. Namun, EASA ingin melakukan uji terbangnya sendiri untuk pesawat tersebut. Hal ini masih tertunda karena adanya pandemi COVID-19.
EASA memang memiliki standar keselamatan penerbangan yang tinggi. Sebelumnya, maskapai penerbangan Indonesia sempat dilarang untuk masuk ke Eropa karena alasan tersebut.
Penulis: Daniel Chrisendo
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona