News
·
3 Maret 2021 18:12

Bogor Diguyur Hujan Deras, Bendung Katulampa Siaga IV

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bogor Diguyur Hujan Deras, Bendung Katulampa Siaga IV (70865)
Kondisi tinggi muka air di Bendung Katulampa Bogor, Rabu (3/3) masih berada di siaga IV. Foto: Dok. Istimewa
Kota dan Kabupaten Bogor serta wilayah di sekitarnya diguyur hujan deras sejak Rabu (3/3) siang hingga petang. Intensitas hujan yang deras itu menyebabkan naiknya volume air di Bendung Katulampa. Kepala Sub Koordinator Bendungan Pintu Air Katulampa Bogor, Andi Sudirman mengatakan saat ini ketinggian air mencapai 50 cm. Dengan kata lain, Bendung Katulampa statusnya saat ini adalah Siaga IV. Sedangkan status normal ketinggian air maksimal 40 cm. "Intensitas hujan deras mengguyur hulu sungai Ciliwung wilayah Puncak Bogor menyebabkan volume air Bendung Katulampa sore ini naik dari semula 20 sentimeter menjadi 50 sentimeter dengan status Siaga IV," ujar Andi, di kantornya, Rabu (3/3). "Ketinggian saat ini 50 sentimeter. Cuaca di sini sudah gerimis," lanjut Andi.
ADVERTISEMENT
Status siaga Siaga IV berarti belum ada peningkatan debit air secara mencolok. Komando di lapangan, termasuk membuka atau menutup pintu air serta akan dikemanakan arah air cukup dilakukan oleh komandan pelaksana dinas atau wakil komandan operasional wilayah.
Bogor Diguyur Hujan Deras, Bendung Katulampa Siaga IV (70866)
Kondisi tinggi muka air di Bendung Katulampa Bogor, Rabu (3/3) masih berada di siaga IV. Foto: Dok. Istimewa
Stasiun BMKG Citeko, Puncak, juga memberi peringatan dini kepada masyarakat Bogor, Puncak Cianjur, (Bopunjur) dan sekitarnya. Siang hingga malam nanti cuaca sore ini berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat petir dan angin kencang.
"Terjadi di wilayah wilayah Ciawi, Gadog, Megamendung, Cisarua, Cipanas dan sekitarnya.Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 18.30 WIB," demikian keterangan Stasiun BMKG Citeko.