kumparan
17 Februari 2020 19:25

BPIP Kerja Sama dengan KPK, Membumikan Pendidikan Pancasila Bagi Milenial

Deputi pencegahan KPK Pahala Nainggolan
Deputi pencegahan KPK Pahala Nainggolan (kiri) dan jajaran BPIP di Gedung KPK. Foto: Lutfan Darmawan/kumparan
KPK bekerja sama dengan Badan Pengarah Ideologi Pancasila (BPIP) untuk menerapkan pendidikan antikorupsi ke milenial. Ada sembilan nilai yang diajarkan, yakni jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil.
ADVERTISEMENT
"Jadi hasil pertemuannya begini, BPIP bekerja sama dengan KPK yang terutama dalam rangka apa yang menjadi arahan utama presiden, bahwa Pancasila ini jangan hanya teori, tetapi harus tindakan dan tindakan harus dirasakan oleh setiap lapisan masyarakat," kata Kepala BPIP, Yudian Wahyudi, di KPK, Senin (17/2).
Yudian mengatakan, kerja sama tersebut merupakan bentuk jangka panjang di bidang pendidikan. Sementara, untuk jangka pendek, BPIP dan KPK akan melakukan sosialisasi dan berkampanye tentang pembumian Pancasila.
Sosialisasi yang ditampilkan bisa dalam pembuatan film pendek, musik, olahraga, kemanusiaan, kuliner, dan sebagainya. Anggota BPIP, Romo Benny Suseno, juga menyampaikan hal yang sama.
Ilustrasi KPK, Gedung KPK, Logo KPK
Ilustrasi KPK. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
"Kerja sama ini kita ingin bagaimana hidup bersih, hidup jujur, 9 nilai KPK itu juga bagian dari Pancasila. Kita sepakati nanti bagaimana generasi milenial itu kan generasi yang kreatif dan inovatif," ujarnya.
ADVERTISEMENT
"Nantinya kita kan bikin sayembara film pendek yang mengarahkan pada kesadaran hidup jujur antikorupsi itu bagian pengamalan dari sila sila pancasila," sambungnya.
Sementara itu, Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan, mengatakan, pendidikan antikorupsi memang wajib disampaikan semua pihak. KPK menyambut baik kerjasama dengan BPIP ini.
"KPK ini kan diberi mandat untuk penyelenggaraan pendidikan antikorupsi di segala jaringan. Sebelumnya KPK kalau masuk ke pendidikan antikorupsi itu tidak ngomong antikorupsi, tetapi dia bicara nilai kejujuran," kata Pahala di kesempatan yang sama.
"Jadi mungkin rekan-rekan bukan melihat soal pancasila atau antikorupsi tapi nilai. Jadi tadi kita sepakati bahwa nanti kita akan punya MoU menanamkan nilai untuk program jangka panjang," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan