kumparan
search-gray
News22 Mei 2020 16:20

BREAKING NEWS: Meningkat 634, Kasus Positif Corona di RI Kini 20.796

Konten Redaksi kumparan
BREAKING NEWS: Meningkat 634, Kasus Positif Corona di RI Kini 20.796 (485388)
Petugas medis dengan APD lengkap bersiap untuk mengambil sampel swab dari warga di pasar tradisional di Bogor, Jumat (8/5). Foto: REUTERS / Willy Kurniawan
Pemerintah kembali memperbarui kasus positif virus corona di Indonesia. Hingga Jumat (22/5), kasus positif COVID-19 mencapi 20.796 orang. Pada hari sebelumnya tercatat 20.162 orang
ADVERTISEMENT
Hasil ini berdasarkan spesimen yang diperiksa dengan menggunakan metode Polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM). 69 lab PCR dan 35 lab TCM sudah aktif memeriksa spesimen.
Sudah ada 229.334 spesimen yang diperiksa di seluruh Indonesia.
"Ada pertumbuhan kasus konfirmasi positif sebanyak 634, sehingga kasus positif sebanyak 20.796," kata juru bicara penanganan corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat (22/5).
DKI Jakarta masih menjadi zona merah pusat penyebaran corona terbanyak, disusul Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan. Untuk mencegah meluasnya virus corona, Pemprov DKI juga sudah memperpanjang kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 4 Juni 2020.
ADVERTISEMENT
Presiden Jokowi juga telah mewanti-wanti jajarannya agar segera menekan kasus virus corona. Ia memberikan waktu, bulan Mei ini kurva kasus positif corona sudah harus menurun. Namun di sisi lain, ia juga menyebut masyarakat harus siap hidup berdampingan dengan corona karena vaksin belum ditemukan.
Wacana berdamai dengan corona pun masih terus didengungkan pemerintah. Sebab, vaksin dan obat spesifik belum ditemukan.
Sementara untuk memenuhi target Presiden Jokowi dengan 10 ribu tes per hari, selain metode PCR, kini juga telah dikembangkan melalui mesin Tes Cepat Molekuler (TCM), yang biasa digunakan untuk penderita Tuberkulosis. Saat ini mesin TCM baru dioperasikan di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran.
ADVERTISEMENT
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Yuk donasi untuk korban terdampak corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white