kumparan
19 Desember 2019 0:01

Buka Rute Perth-Lombok, AirAsia Dapat Penghargaan dari Pemprov NTB

PTR, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, CEO AirAsia
Gubernur NTB Zulkieflimansyah memberikan pengarahan kepada CEO AirAsia Indonesia Veranita Yosephine dalam acara HUT Provinsi NTB ke-61, Rabu (19/12). Foto: Maulana Ramadhan/kumparan
Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) memberikan penghargaan kepada maskapai Low Cost Carrier (LCC) AirAsia. Penghargaan diberikan sebagai apresiasi atas peran AirAsia meningkatkan pariwisata di NTB, khususnya Lombok.
ADVERTISEMENT
Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan, salah satu langkah penting yang dilakukan AirAsia adalah membuka rute penerbangan langsung dari Perth, Australia, ke Lombok.
"Di tengah (daerah) yang tertimpa bencana, kehilangan harapan, kemudian adanya hal-hal yang dirasa tidak mungkin menjadi mungkin. Ada direct flight dari Perth to Lombok, itu membuat kami lebih bersemangat menyongsong masa yang akan datang. Jadi terimakasih pada AirAsia," ujar Zulkieflimansyah di perayaan HUT ke-61 NTB di Halaman Kantor Gubernur NTB, Mataram, Rabu (18/12) malam.
Pembukaan rute langsung Perth-Lombok oleh AirAsia, kata dia, ikut mengerek jumlah wisatawan mancanegara di Lombok.
Gubernur NTB Zulkieflimansyah, CEO AirAsia Veranita Yosephin
Gubernur NTB Zulkieflimansyah memberikan pengarahan kepada CEO AirAsia Indonesia Veranita Yosephine dalam acara HUT Provinsi NTB ke-61, Rabu (19/12). Foto: Maulana Ramadhan/kumparan
Dalam kesempatan yang sama, CEO AirAsia Indonesia Veranita Yosephine menuturkan, penghargaan yang diterima merupakan apresiasi untuk bisa meningkatkan ekonomi dan efektivitas masyarakat NTB.
ADVERTISEMENT
"Di mana sama-sama kita membangun kolaborasi meningkatkan perekonomian pariwisata melalui efektivitas," kata Vera.
Vera mengungkapkan, di tahun 2019, AirAsia tidak hanya membuka rute penerbangan langsung Perth-Lombok. Ada juga rute penerbangan langsung untuk domestik, seperti Yogyakarta-Lombok dan Surabaya-Lombok.
"Saat ini AirAsia sudah memberikan kesempatan untuk banyak sekali turis Perth, karena kita punya koneksi Lombok-Perth, kita luncurkan dan responsnya luar biasa karena sampai saat ini rata-rata okupansi AirAsia dari Perth itu 85 persen," jelasnya.
Ia mengatakan tidak menutup kemungkinan bagi AirAsia ke depan membuka rute penerbangan langsung lainnya ke Lombok.
"Kami sangat berkomitmen besar untuk membantu Pak Gubernur dan jajarannya dalam mengembangkan pariwisata, dan setelah itu bisa berdampak pada industri ekonomi dan sebagainya," pungkas Vera.
ADVERTISEMENT
Rute penerbangan langsung Perth-Lombok dibuka AirAsia pada 9 Juni 2019 lalu. Sedangkan rute penerbangan langsung Surabaya-Lombok dan Yogyakarta-Lombok mulai beroperasi pada 25-26 November 2019 lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan