News
·
25 April 2021 22:10

Cegah Masuknya Varian Baru Corona, Pemerintah Perketat Kedatangan Pekerja Migran

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cegah Masuknya Varian Baru Corona, Pemerintah Perketat Kedatangan Pekerja Migran (21497)
searchPerbesar
Menko PMK Muhadjir Effendy saat berkunjung ke daerah Gunungsitoli, Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Foto: Kemenko PMK
Menko PMK Muhadjir Effendy menegaskan, pemerintah saat ini fokus mencegah masuknya varian virus corona baru ke Indonesia.
ADVERTISEMENT
Beberapa langkah sudah dilakukan salah satunya adalah dengan mewaspadai kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) jelang Lebaran 2021.
Sebab, Muhadjir mengungkapkan, pada hari ini, Minggu (25/4), ada kedatangan 500 PMI di Bandara Juanda, Surabaya. Maka dari itu pemerintah mewaspadai kedatangan orang dari luar negeri.
"Dan itu memang tidak bisa ditolak karena mereka kontraknya sudah habis. Tetapi dia harus diwaspadai betul karena sekarang ini pemerintah Indonesia sedang fokus betul-betul mencegah masuknya varian baru," kata Muhadjir saat berkunjung ke Kota Madiun, Jawa Timur.
Muhadjir menuturkan, antisipasi dilakukan setelah berkaca dari tingginya lonjakan kasus di India dan marak muncul varian baru virus corona. Varian baru itu jauh lebih berbahaya dari varian sebelumnya, terutama varian dari Eropa dan India.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu pemerintah memperketat kedatangan orang dari luar negeri. Termasuk bagi para pekerja migran yang akan masuk akan diterapkan karantina lebih ketat daripada sebelumnya.
"Siapa yang masuk ke Indonesia akan kita perketat. Karena gejala inkubasinya juga beda dengan COVID-19 sebelumnya," ucap Muhadjir.
"Sekarang ini kalau dulu 5 hari sudah dinyatakan aman berarti kalau sudah tidak ada gejala sudah aman. Sekarang tidak. Sekarang bisa 10 hari muncul gejalanya. Karena sekarang variannya baru dan dari berbagai negara. Dan yang paling harus kita waspadai adalah dari India," jelas dia.
Eks Ketua PP Muhammadiyah itu sempat meninjau tempat isolasi di Madiun bersama Wali Kota Madiun H Maidi. Lokasi isolasi disiapkan di bekas rumah tahanan militer RTM Madiun di Jalan Ahmad Yani.
Cegah Masuknya Varian Baru Corona, Pemerintah Perketat Kedatangan Pekerja Migran (21498)
searchPerbesar
Petugas kesehatan memeriksa pekerja migran yang tiba dari Malaysia di bandara Surabaya, Jawa Timur. Foto: JUNI KRISWANTO/AFP
Ruang bekas penjara zaman kolonial itu sengaja disiapkan jadi tempat isolasi oleh Pemerintah Kota Madiun bagi masyarakat yang nekat mudik. Tempat itu masih terkesan angker meski sudah dibersihkan dan ditata kembali.
ADVERTISEMENT
"Karena ini sudah viral saya ingin memastikan seperti apa kondisinya. Memang untuk sekarang ini menurut saya belum layak," kata Muhadjir.
Muhadjir menerangkan, berdasarkan laporan Wali Kota Madiun, mereka sebenarnya sudah menyiapkan lokasi isolasi lainnya yaitu di asrama haji. Hanya saja ruang isolasi di RTM juga disiapkan jika daya tampung di asrama haji tidak mencukupi.
"Ini sebagai alternatif terakhir kalau tempat karantina yang lain sudah penuh. Tapi saya imbau kepada siapa saja untuk tetap tidak mudik. Karena saya setuju dengan pak wali. Mereka yang nekat mudik nanti ditaruh di sini saja," tutur Muhadjir.