kumparan
News24 Mei 2020 0:21

Cek Pelaksanaan Protokol Kesehatan, DPR Tinjau Bandara Soekarno-Hatta

Konten Redaksi kumparan
Satgas COVID-19 DPR tinjau Bandara Soekarno–Hatta
Satgas COVID-19 DPR tinjau Bandara Soekarno–Hatta. Foto: Dok. Istimewa
Satuan tugas lawan COVID-19 DPR melakukan peninjauan operasional di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.
ADVERTISEMENT
Peninjauan yang dipimpin langsung oleh koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. Tindakan dilakukan pasca-peristiwa penumpukan penumpang di Bandara Soetta beberapa waktu lalu.
Selain melakukan peninjauan terhadap operasional bandara, Dasco pun turut terlibat perbincangan dengan pihak maskapai.
Dalam perbincangan itu Dasco mengingatkan pentingnya kesadaran dari pihak maskapai untuk tetap melakukan protokol kesehatan di dalam kabin pesawat guna mencegah terjadinya penyebaran corona.
Satgas COVID-19 DPR tinjau Bandara Soekarno–Hatta
Satgas COVID-19 DPR tinjau Bandara Soekarno–Hatta. Foto: Dok. Istimewa
"Tadi kami sudah berbincang dengan kru Garuda. Garuda sudah membuat protap, tentang jumlah penumpang, serta jarak antar penumpang di dalam pesawat. Dan saya pikir semua maskapai itu bisa membuat protap bersama," ujar Dasco dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/5).
Selain menitikberatkan pada pelayanan maskapai, Dasco turut mengapresiasi kinerja baik dari seluruh pihak baik otoritas bandara maupun pihak keamanan dalam memastikan seluruh protokol kesehatan telah dijalankan.
ADVERTISEMENT
"Dan kami sangat apresiasi semua pihak terkait di bandara kalau kemaren viral ada penumpukan penumpang, pada hari ini frekuensinya memang agak sepi tapi protokol COVID-19 sudah dilakukan dengan benar," ucap Dasco.
"Kami mengapresiasi, pengelola bandara beserta semua yang bertugas di bandara baik dari kepolisian, tni, polisi, kesehatan, imigrasi dan lain-lain atas kerja sama yang sangat solid dan kami berharap dapat terus ditingkatkan," sambungnya.
Guna mengantisipasi kondisi new normal pasca-pandemi corona, Dasco berharap protokol kesehatan tetap menjadi acuan utama pihak otoritas bandara guna menekan agar tak ada lagi penularan baru dalam kasus corona.
Protokol seperti melakukan pemeriksaan dengan ketat baik dari segi administrasi maupun kesehatan, kata Dasco, wajib dilakukan para seluruh pihak pengamanan bandara.
ADVERTISEMENT
"Lalu, bagaimana penumpang diatur berdiri, diatur duduk, diatur tes kesehatan, dan kemudian dikarantina, apabila ada indikasi dan segala sesuatu diatur dengan baik," kata Dasco.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan