kumparan
25 Jun 2018 21:59 WIB

Cerita Anies Saat Erdogan Memutuskan Maju Pilpres Turki

Anies Baswedan tiba di Polda Metro Jaya. (Foto: Nabilla Fatiara/kumparan)
Recep Tayyip Erdogan kembali memenangkan pemilihan presiden di Turki pada Minggu (24/6). Ucapan atas kemenangan Erdogan tak hanya datang dari Presiden Joko Widodo, tetapi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut memberikan ucapan selamat.
ADVERTISEMENT
"Tentu saya ngucapin selamat, dan nanti saya sampaikan selamat langsunglah," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (25/6).
Anies diketahui pada April lalu mengunjungi Turki, kemudian sempat menemui Erdogan. Mereka bersama-sama menunaikan salat Jumat di Masjid Ayyub Al-Anshari (Eyup Sultan). Lebih lanjut, ia menuturkan Erdogan memutuskan untuk maju pilpres saat sedang salat Jumat bersama dirinya.
"Dan beliau memutuskan (maju) pilpres itu di minggu saya bersama-sama. Di pekan itu. Jadi hari Jumat ketika kita berjumpa, dia melakukan salat di Masjid Eyup Sultan itu banyak yang menyebut sebagai kick off kampanye dia. Dia dimulainya dari Jumat itu di Masjid Eyup Sultan," ungkapnya.
Anies Baswedan dan Presiden Erdogan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)
Anies bercerita jika masjid itu sering digunakan untuk melantik para pemimpin dan sultan di era Kekhalifahan Ustmaniyah. Maka dari itu, kata Anies, masjid itu memiliki arti tersendiri buat Erdogan.
ADVERTISEMENT
"Jadi ada simbolik untuk beliau. Jadi itu dua bulan yang lalu dan sekarang beliau berhasil. Dan kita bersyukur mudah-mudahan beliau bisa membawa Turki menjadi satu contoh bagi dunia pada umumnya," lanjutnya.
Ia melihat Erdogan dipercaya oleh rakyat Turki karena bisa membawa perubahan sistem yang besar bagi negara tersebut. Anies yakin Erdogan juga bisa menjaga kepercayaan yang diberikan rakyatnya selama memimpin nanti.
"Ini adalah kepercayaan yang amat besar bagi Erdogan. Dan juga pada perubahan sistem yang dia bawa. Karena ketika dia membawa reform yang menyangkut struktur negara itu bukan sesuatu yang kecil. Dan pemilu, pilpres sekarang ini adalah pilpres pertama sesudah sistem yang baru," ucap dia.
"Jadi ini adalah suatu kepercayaan yang besar dari rakyat Turki kepada Erdogan atas reformasi yang sudah dia pimpin. Dan dia diamanati untuk memimpin perjalanannya kedepan," sambung Anies.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan