kumparan
15 Apr 2019 19:09 WIB

Cerita Jokowi Salat di Dalam Ka'bah: Sempat Gamang, Hadap ke Mana?

Presiden Jokowi masuk ke dalam Kakbah. Foto: twitter/ @pramonoanung
Presiden Jokowi menceritakan pengalamannya masuk ke dalam Ka'bah saat menjalankan umrah di Tanah Suci. Melalui sebuah postingan di akun Instagram yang diunggah, Senin (15/4), Jokowi mengaku tak pernah membayangkan bisa masuk ke dalam Ka'bah.
ADVERTISEMENT
"Tak pernah terbayangkan dalam hidup saya, akan memperoleh kehormatan dan kesempatan ini: datang ke Masjidil Haram, berjalan menapak tangga kayu, melewati ambang pintu Kakbah, lalu masuk ke dalamnya. Di luar, saya melihat ribuan orang dari berbagai bangsa sedang bertawaf, bergerak melingkar mengelilinginya," tulis Jokowi.
Jokowi bercerita, ia masuk ke dalam Ka'bah jelang subuh. Bersama istrinya Iriana Widodo, dua putranya, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep, Jokowi kemudian menunaikan salat sunnah.
"Menjelang subuh saya telah berada di dalam Kakbah, di ruangan kosong yang sedikit gelap, bersama istri dan anak-anak. Saya kemudian menunaikan salat sunnah dua rakaat ke arah empat penjuru," kata dia.
Loading Instagram...
Jokowi mengaku sempat merasa gamang, ke mana ia harus menghadap saat salat.
ADVERTISEMENT
"Perasaan saya sempat gamang, harus menghadap ke mana? Dan akhirnya saya ingat: ini di dalam Kakbah. Saya bisa salat menghadap ke arah mana saja," ujar Jokowi.
Mantan Gubernur DKI Jakarta ini merasa sungguh bersyukur bisa masuk ke dalam Ka'bah. Ia mengaku tidak akan pernah melupakan pengalaman tersebut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan