kumparan
News18 Juli 2019 22:53

Cerita MenPANRB Kewalahan Pilih Pemenang Inovasi Pelayanan Publik 2019

Konten Redaksi kumparan
Penganugerahan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019
Penganugerahan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 di Hotel Gumaya, Semarang, Jawa Tengah. Foto: Afiati Tsalitsati/kumparan
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menggelar acara penganugerahan 'Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019' di Hotel Gumaya, Semarang, Jawa Tengah. Ada 4 kategori penerima penghargaan, yakni kementerian, kelembagaan, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota.
ADVERTISEMENT
Dalam sambutannya, MenPANRB Syafruddin menjelaskan dari tahun ke tahun tren pemerintah daerah dalam berinovasi terus meningkat. Dari tahun 2014-2019, tercatat sudah ada 13.214 inovasi pelayanan publik di seluruh kementerian dan lembaga.
"Tahun ini, total 3.156 inovasi pelayanan publik, sehingga membuat para tim independen dan evaluasi kami sampai capek sekali untuk memilih," kata Syafruddin, Kamis (18/7).
Syafruddin mengatakan, paradigma dalam pelayanan pemerintahan memang sudah bergeser. Sehingga saat ini sudah masuk dalam eranya negara hadir untuk menjamin kebutuhan masyarakatnya.
"Melalui kreasi dan inovasi maka pelayanan semakin baik, membawa masyarakat lebih baik," ujar dia.
Ia menuturkan tren naiknya inovasi lahir karena kebutuhan masyarakat yang ingin pelayanan dari negara yang lebih baik. Sebab, menurut Syafruddin, inovasi adalah kunci bagi bangsa Indonesia yang menang.
ADVERTISEMENT
"Bahwa seluruh inovasi yang dilahirkan adalah yang terbaik, untuk Indonesia lebih baik," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan