News
·
26 Oktober 2020 19:09

Corona Melonjak, Swiss Lockdown Sampai Batas Waktu Tidak Ditentukan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Corona Melonjak, Swiss Lockdown Sampai Batas Waktu Tidak Ditentukan (74456)
Orang-orang mengantre di luar supermarket selama wabah virus corona di Jenewa, Swiss, 14 April 2020. Foto: REUTERS/Denis Balibouse
Menteri Kesehatan Swiss Alain Berset menyatakan, penambahan kasus virus corona di negaranya melonjak tajam.
ADVERTISEMENT
Selama sepekan terdapat penambahan kasus baru corona di Swiss sebanyak 17.440 orang.
Pemerintah Swiss pun segera menetapkan kebijakan pembatasan wilayah atau lockdown untuk waktu yang tidak dapat ditentukan. Namun, kemungkinan besar lockdown berlaku selama lima pekan.
"Pembatasan baru akan dijadwalkan Rabu mendatang untuk menahan penyebaran COVID-19, kemungkinan akan berlaku untuk waktu yang lama," tutur Berset seperti dikutip Reuters.
Corona Melonjak, Swiss Lockdown Sampai Batas Waktu Tidak Ditentukan (74457)
Aparat kepolisian memeriksa pengendara di dekat pintu masuk utara terowongan jalan St. Gotthard, di Goeschenen, Swiss. Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann
Corona Melonjak, Swiss Lockdown Sampai Batas Waktu Tidak Ditentukan (74458)
Aparat kepolisian memeriksa pengendara di dekat pintu masuk utara terowongan jalan St. Gotthard, di Goeschenen, Swiss. Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann
Sementara itu, kanton atau negara bagian yang berada dalam sistem federal Swiss, bertanggung jawab atas tindakan lokal untuk memerangi virus.
Pemerintah pusat Swiss juga mengatakan tidak berencana untuk mengambil alih pengelolaan pandemi, namun akan mengumumkan beberapa tindakan nasional. Di antaranya adalah aturan wajib mengenakan masker di gedung-gedung umum.
Untuk kebijakan selanjutnya dan waktu pembatasan akan diumumkan pada Rabu (28/10) mendatang. Diharapkan kebijakan tersebut dapat mencakup pembatasan untuk restoran, bar dan klub, serta pengaturan pertemuan pribadi dan umum.
ADVERTISEMENT
Pintu masuk bagi 29 negara juga telah ditutup sejak Juli lalu untuk menghindari penyebaran kasus infeksi yang lebih tinggi.
Saat ini, terdapat 103.653 kasus infeksi corona di Swiss. Sebanyak 2.083 di antaranya meninggal dunia.
==
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona