News
·
15 April 2021 17:28

COVID-19 Mengamuk Lagi di Asia: Kasus di India hingga Thailand Terus Meroket

Konten ini diproduksi oleh kumparan
COVID-19 Mengamuk Lagi di Asia: Kasus di India hingga Thailand Terus Meroket (368716)
Seorang wanita mengenakan masker berdiri di depan mural bergambar ajakan menggunakan masker di New Delhi, India. Foto: Sajjad Hussain/AFP
India dan Thailand terus menghadapi lonjakan kasus COVID-19. Peristiwa ini terjadi seiring semakin sedikitnya kamar perawatan dan vaksin di berbagai negara Asia.
ADVERTISEMENT
Di India pada Kamis (15/4/2021), dalam 24 jam terdapat penambahan 200 ribu kasus baru. Jumlah itu merupakan yang terbesar sepanjang pandemi COVID-19.
COVID-19 Mengamuk Lagi di Asia: Kasus di India hingga Thailand Terus Meroket (368717)
Seorang pria bereaksi saat petugas kesehatan mengambil sampel usap virus corona, di New Delhi, India, (17/10). Foto: Adnan Abidi/REUTERS
Akibat situasi semakin mengkhawatirkan, beberapa kota besar termasuk Mumbai memutuskan kembali lockdown. Beberapa rumah sakit di India juga mengakui kekurangan suplai oksigen dan tempat tidur.
"Situasinya sangat mengerikan. Ada 900 tempat tidur tapi ada 60 pasien menunggu dan kami tidak punya ruangan untuk mereka," kata pejabat Rumah Sakit dan Sekolah Medis Nagpur, Avinash Gawande seperti dikutip dari Reuters.
COVID-19 Mengamuk Lagi di Asia: Kasus di India hingga Thailand Terus Meroket (368718)
Pekerja mengenakan masker membersihkan tali ring usai pertarungan Muaythai di stadion Tinju Siam, Samut Sakhon, Thailand. Foto: Athit Perawongmetha / REUTERS
Dalam satu pekan terakhir sudah enam kali kasus harian virus corona di India pecah rekor. Kini, India jadi negara dengan infeksi virus corona terbanyak kedua usai Amerika Serikat.
Lonjakan infeksi nampak pula di dua negara Asia Tenggara yang dekat dengan Indonesia, yaitu Thailand dan Filipina.
ADVERTISEMENT
Di ibu kota Filipina, Manila, penambahan kasus baru pada 30 hari terakhir sebanyak 266.489 orang. Jumlah itu sama dengan 30 persen total kasus di Filipina.
COVID-19 Mengamuk Lagi di Asia: Kasus di India hingga Thailand Terus Meroket (368719)
Petugas bersiap mengkremasi jenazahpasien virus corona di Manila, Filipina. Foto: AFP/MARIA TAN
Saat ini, sulit mendapat kamar perawatan COVID-19 di Manila. Bahkan, kasus dari luar Manila harus menunggu berjam-jam sampai mendapat kamar perawatan.
Sedangkan di Thailand pada Kamis ini penambahan kasus mencapai 1543. Sudah sepekan terakhir penambahan kasus di Thailand selalu di atas tiga digit.
Tingkat hunian tempat tidur rumah sakit di Thailand juga terus melonjak. Sampai Kamis (15/4/2021) ada 8.973 orang yang dirawat di Thailand akibat menderita COVID-19.
COVID-19 Mengamuk Lagi di Asia: Kasus di India hingga Thailand Terus Meroket (368720)
Petugas bersiap memakamkan jenazah seorang pria yang meninggal karena virus corona (COVID-19) di Dhaka, Bangladesh, Senin (6/4). Foto: REUTERS/Mohammad Ponir Hossain
Kondisi di Kamboja tidak lebih baik. Sejak Februari 2021, kasus COVID-19 di Kamboja melonjak 10 kali lipat.
PM Kamboja Hun Sen mengakui negaranya sedang di ambang kematian. Karena kondisi semakin mencekam Hun Sen akhirnya memberlakukan lockdown di ibu kota.
ADVERTISEMENT
Bangladesh mulai Rabu ini memberlakukan lockdown ketat. Penambahan kasus harian mencapai 7000an. Jumlah itu naik tajam setelah pada Februari 2021 hanya sekitar 300an kasus setiap hari.