News
·
25 Juni 2021 9:38
·
waktu baca 2 menit

COVID-19 Meroket, 27 Asrama Haji Bisa Difungsikan Sebagai Ruang Isolasi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
COVID-19 Meroket, 27 Asrama Haji Bisa Difungsikan Sebagai Ruang Isolasi (156035)
searchPerbesar
Ketua Komisi VIII DPR (F-PAN), Yandri Susanto. Foto: Kemenag RI
Lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia membuat keterisian rumah sakit penanganan COVID-19 penuh. Saat ini fasilitas kesehatan sudah kewalahan, muncul opsi dari sejumlah pejabat negara agar asrama haji dialihfungsikan.
ADVERTISEMENT
Merespons hal tersebut, Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto meminta pemerintah segera memfungsikan Asrama Haji di seluruh Indonesia sebagai ruang isolasi.
Tidak adanya jemaah haji tahun ini maka Asrama Haji bisa difungsikan sepenuhnya sebagai tempat isolasi pasien COVID-19.
"Ada sebanyak 27 Asrama Haji di seluruh Indonesia dengan total 3.465 kamar yang bisa difungsikan menjadi ruang isolasi untuk pasien Covid-19," kata Yandri, Jumat (25/6)
Solusi menggunakan Asrama Haji, lanjut Yandri, bisa menghemat anggaran untuk isolasi pasien daripada menggunakan hotel yang membutuhkan biaya besar. Pun menurut Yandri fasilitas Asrama Haji baik dan layak untuk menjadi ruang Isolasi pasien.
COVID-19 Meroket, 27 Asrama Haji Bisa Difungsikan Sebagai Ruang Isolasi (156036)
searchPerbesar
Asrama Haji Pondok Gede Jadi Tempat Isolasi Corona. Foto: Satgas COVID-19
"Apalagi sekarang seperti Wisma Atlet juga sudah semakin penuh. Masuk juga harus antre. Begitu juga dengan tempat Isolasi pasien di Provinsi lain. Sementara kasus terus meningkat diprediksi sampai akhir Juli. Solusinya Asrama Haji difungsikan jadi ruang Isolasi," ungkap Waketum PAN ini.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, Yandri juga menyampaikan bahwa dana APBN yang disiapkan untuk pelaksanaan haji tahun ini bisa di-refocusing sebagian untuk penanganan COVID-19.
"Untuk mengubah fungsi Asrama Haji menjadi Ruang Isolasi tentu membutuhkan fasilitas tambahan. Karena haji batal maka dana APBN yang disiapkan untuk haji tahun ini bisa di-refocusing sebagian untuk pelayanan Pasien COVID-19 di Asrama Haji," urai legislator dapil Banten ini.
Atas dasar itu, Yandri meminta koordinasi lintas Kementerian segera dilakukan untuk mengubah fungsi Asrama Haji menjadi ruang Isolasi. Dalam hal ini Kementerian Agama bersama Kementerian Kesehatan dan pihak pihak lain yang terkait.
"Harus segera dibahas dan dieksekusi lintas Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan. Selain itu dibutuhkan juga koordinasi dengan Pemprov dan Pemkab. Bagaimanapun mengatasi masalah Covid-19 ini adalah kerja bersama," pungkas Yandri.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad juga telah menyarankan agar asrama haji dipakai untuk isolasi pasien COVID-19.