kumparan
23 Juni 2017 15:15

Daftar Makanan yang Perlu Dihindari Sebelum Naik Pesawat

Hindari mengonsumsi ini sebelum naik pesawat. (Foto: Pixabay)
Mudik dengan pesawat memang mudah dan cepat. Namun ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat anda hendak melakukan penerbangan jarak jauh dengan jam terbang yang cukup lama. Salah satunya memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.
ADVERTISEMENT
Ternyata, ada makanan tertentu yang sangat disarankan untuk dihindari bila hendak bepergian dengan pesawat. Makanan berikut ini bisa membuat perut tidak nyaman selama penerbangan, bahkan membuat kesehatan menurun.
Berikut kumparan (kumparan.com) merangkum lima makanan yang sebaiknya dihindari sebelum naik pesawat.
1. Makanan Cepat Saji
Ilustrasi makanan cepat saji (Foto: Pixabay)
Siapa yang menduga, makanan cepat saji ternyata ada di dalam daftar makanan yang harus dihindari sebelum naik pesawat. Dilansir traveller.com, makanan cepat saji tinggi karbohidrat, gula, garam, lemak, juga punya nilai gizi, serat dan kadar air yang rendah. Ini bisa menyebabkan perut kembung dan sistem pencernaan tersumbat.
Apalagi jika anda duduk di kelas ekonomi dengan kursi padat dan tidak bisa banyak bergerak. Jadi waspada ya sebelum mengonsumsi makanan cepat saji.
ADVERTISEMENT
2. Alkohol
Ilustrasi minuman beralkohol. (Foto: Pixabay)
Alkohol dikenal bisa membuat tubuh dehidrasi. Mengonsumsi terlalu banyak alkohol bisa sangat berbahaya. Tubuh secara natural akan mengalami dehidrasi karena tekanan udara di dalam kabin, dengan minum alkohol, tubuh bisa dehidrasi dua kali lipat.
3. Sayuran yang Mengandung Gas
Brokoli, sayuran mengandung gas. (Foto: Pixabay)
Brokoli, kol, kembang kol, bawang, adalah beberapa sayuran yang harus anda hindari sebelum take off. Sayuran tersebut mengandung gas tinggi yang tidak bisa dicerna sempurna oleh usus halus. Ketika sampai di usus besar, sayuran ini akan di fermentasi dan menjadi gas.
Sayuran ini tentu sehat, namun bisa sedikit membawa masalah pencernaan jika Anda mengonsumsinya sebelum terbang pada ketinggian 8.000 kaki.
4. Minuman Bersoda
Ilustrasi minuman bersoda (Foto: Pixabay)
Minuman berkarbonasi seperti soda bisa menyebabkan gas dan mungkin mulas pada perut. Tentu sangat tidak nyaman mengalami perut kembung atau mulas di dalam pesawat.
ADVERTISEMENT
5. Kafein
Ilustrasi minuman berkafein. (Foto: Pixabay)
Serupa dengan alkohol, minuman dengan kafein ternyata bisa menyebabkan tubuh dehidrasi. Selain itu cafein bisa membuat Anda terjaga dan sering buang air kecil. Kurang tidur bisa membuat gelisah dan kelelahan.
Meski efek setiap makanan dan minuman ini berbeda pada setiap orang, namun ada baiknya menghindari atau mengurangi porsi konsumsi makanan dan minuman tersebut.
Dilansir skyscanner.net, beberapa makanan lain aman dikonsumsi sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat. Semangka, buah-buahan kering, makanan tinggi protein seperti telur rebus, daging ayam, dan minum banyak air putih bisa membuat Anda tetap kenyang selama perjalanan.
Menjaga tubuh tetap fit selama mudik tentu akan lebih baik. Apalagi jika waktu mudik Anda mendekati hari raya. Berkumpul bersama keluarga dalam kondisi sehat akan sangat berharga.
ADVERTISEMENT
Informasi lengkap soal bandara di Indonesia dan segala fasilitasnya bisa Anda pantau di aplikasi Indonesia Airports.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan