Politik
·
26 Juni 2018 22:40

Data 12 Survei Pilgub Jabar: Ridwan Kamil vs Deddy Mizwar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Data 12 Survei Pilgub Jabar: Ridwan Kamil vs Deddy Mizwar (81993)
Data Survei Pilgub Jabar. (Foto: Basith Subastian/kumparan)
Drama perebutan kursi Jabar 1 dalam Pilkada 2018 menarik untuk diikuti. Kejutan demi kejutan muncul sejak satu per satu pasangan calon dideklarasikan untuk maju di laga Pilgub Jabar. Empat pasangan calon akan bertarung memenangkan dukungan warga Jabar dalam pencoblosan yang digelar Rabu (27/6) esok.
ADVERTISEMENT
Pasangan nomor urut satu Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum tampil dengan dukungan dari empat partai: PPP, PKB, NasDem, dan Hanura.
Pasangan ini juga dikenal sebagai pasangan yang saling melengkapi lantaran Ridwan Kamil dinilai bisa menguasai wilayah perkotaan, sementara Uu Ruzhanul dikenal menguasai wilayah pedesaan.
Pasangan nomor dua adalah TB Hasanuddin dan Anton Charliyan. Dalam berbagai survei, keduanya memang memiliki elektabilitas rendah. Namun, dari segi dukungan, pasangan ini diusung oleh partai yang memiliki mayoritas kursi di DPRD Jabar, yaitu PDIP, yang punya 20 kursi. Sehingga, pasangan ini dianggap memiliki keunggulan dari segi soliditas konstituen.
Pasangan nomor urut tiga, Sudrajat-Ahmad Syaikhu, juga menjadi paslon yang memiliki elektabilitas rendah dari sejumlah survei. Namun, pasangan ini juga tak bisa diremehkan lantaran ia diusung oleh PKS, Gerindra, dan PAN.
ADVERTISEMENT
PKS dan Gerindra dinilai memiliki jumlah pemilih yang cukup kuat di Jawa Barat. Kedua partai itu sebelumnya juga berhasil memenangkan kader PKS, Ahmad Heryawan untuk duduk di kursi Jabar 1, pada Pilgub 2008 dan Pilgub 2013.
Pasangan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi menjadi pasangan dengan nomor urut terakhir. Paslon yang diusung Partai Demokrat dan Golkar itu, juga disebut sebagai pasangan yang unggul karena masing-masing cagub cawagubnya memiliki elektabilitas yang tinggi.
Tak hanya itu, dengan latar belakang keduanya yang sama-sama pernah menjadi kepala daerah, pasangan ini mendulang elektabilitas yang tinggi di sejumlah survei.
Data 12 Survei Pilgub Jabar: Ridwan Kamil vs Deddy Mizwar (81994)
Data Survei Pilgub Jabar. (Foto: Basith Subastian/kumparan)
Pertempuran keempat paslon ini dimulai sejak masa kampanye pada empat bulan yang lalu. Dengan gaya dan gerilya politik masing-masing, para paslon ini berusaha untuk merebut suara warga Jabar agar berhasil duduk di kursi Jabar-1 dan Jabar-2.
ADVERTISEMENT
Dari catatan yang dihimpun kumparan, elektabilitas dari keempat paslon ini telah diuji sebanyak 12 kali survei yang digelar sembilan lembaga survei. Hasilnya, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi menjadi dua paslon terkuat di Pilgub Jabar dengan selisih tipis.
Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum berhasil menang di 9 survei, sementara Duo DM unggul di 3 survei.
Dari data yang dihimpun, Ridwan Kamil dan Uu berhasil unggul di sejumlah lembaga seperti Cyrus Network, Poltracking, Litbang Kompas, Survei Indikator, Charta Politika, SMRC, dan Indo Barometer.
Sementara Deddy-Dedi, unggul di tiga lembaga survei yakni Litbang Kompas, LSI Denny JA, dan CSIS.
Dari 12 kali survei yang diadakan, Deddy-Dedi pernah unggul tipis dari Ridwan Kamil-Uu dengan perbedaan persentase 2,9 persen. Survei itu digelar oleh Litbang Kompas pada 19 Februari hingga 4 Maret 2018.
ADVERTISEMENT
Dalam survei itu, elektabilitas Deddy-Dedi mencapai 42,2 persen sementara Ridwan Kamil-Uu 39,9 persen.
Namun, di lembaga survei yang sama, nilai selisih tipis itu berhasil disalip oleh pasangan Ridwan Kamil-Uu. Dalam survei yang digelar pada bulan Mei, paslon 'Rindu' ini berhasil meraih elektabilitas dengan persentase 40,4 persen. Sementara Duo DM 39,1 persen.
Dalam survei itu, Emil Uu unggul 1,3 persen.
Lalu, siapa yang akhirnya menjadi pemenang di pertarungan sebenarnya esok?