News
·
19 April 2021 20:47

Demokrat Layangkan Somasi, Loyalis Moeldoko Anggap Dagelan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Demokrat Layangkan Somasi, Loyalis Moeldoko Anggap Dagelan (187655)
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan konferensi pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (31/3/2021). Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO
Demokrat di bawah kepemimpinan AHY melayangkan somasi terbuka kepada para penggagas KLB Deli Serdang seperti Moeldoko, Jhoni Allen Marbun, Marzuki Alie, Darmizal, Max Sopacua, Muhammad Rahmad, dan seluruh peserta KLB.
ADVERTISEMENT
Somasi tersebut diteken tim advokasi DPP Demokrat, Mehbob, tertanggal 19 April 2021. Terdapat 4 poin yang disampaikan dalam somasi terbuka tersebut. Salah satunya menyatakan AHY sebagai Ketum Demokrat yang sah.
Kemudian pada poin keempat, Demokrat mengancam Moeldoko cs agar tidak menggunakan atribut, berbicara, membuat pernyataan, menunjukkan sikap dan/atau melakukan tindakan yang mengatasnamakan dan seolah mencitrakan diri sebagai Partai Demokrat yang sah. Jika tidak, kubu AHY akan mengambil tindakan tegas terhadap Moeldoko cs dengan melakukan segala upaya hukum.
Demokrat Layangkan Somasi, Loyalis Moeldoko Anggap Dagelan (187656)
Salah satu inisiator acara yang di klaim sebagai Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Darmizal menunjukkan akta notaris beserta AD/ART partai tahun 2001 sebelum konferensi pers di Jakarta. Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Respons Kubu Moeldoko

Mengenai somasi tersebut, Waketum Demokrat kubu Moeldoko, Darmizal, menilainya sebagai sebuah dagelan.
"Kami berpesan, agar kubu SBY tidak lagi membuat dagelan-dagelan konyol dan hanya menjadi bahan tertawaan rakyat. Somasi terbuka yang dilayangkan kubu SBY sama sekali tidak memiliki dasar hukum. Sengketa Partai Demokrat kedua belah pihak masih berlangsung, dan belum memiliki keputusan inkracht dari pengadilan. Karena itu, kedua belah pihak memiliki kedudukan yang sama di hadapan hukum," ucap Darmizal.
ADVERTISEMENT
Darmizal mengaku heran bagaimana mungkin para pihak yang sedang bersengketa dan belum mendapatkan keputusan pengadilan, sudah mengeklaim sebagai pihak yang menang dan sah melalui somasi.
Demokrat Layangkan Somasi, Loyalis Moeldoko Anggap Dagelan (187657)
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Moeldoko. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A dan Twitter/@SBYudhoyono
"Apakah SBY dan para penasihatnya pura-pura lupa atau kehilangan akal sehat untuk mengikuti peraturan yang harus ditaati bersama? Somasi terbuka yang disampaikannya ke Pak Moeldoko dan teman-teman yang pernah mengikuti KLB Partai Demokrat di Sibolangit, hanyalah intrik provokasi terbaru yang hanya ingin mengganggu harmonisasi di dalam pemerintahan Presiden Jokowi. Kami sangat yakin dan percaya, tak ada lagi masyarakat yang percaya dengan intrik atau model drakor ala kubu SBY," jelas Darmizal.
Diketahui Menkumham Yasonna Laoly sudah menolak permohonan pengesahan kepengurusan kubu Moeldoko karena ada sejumlah persyaratan yang tak lengkap. Perkara tersebut kemudian beralih ke meja hijau usai kubu Moeldoko mengajukan gugatan ke PN Jakpus mengenai AD/ART Partai Demokrat.
ADVERTISEMENT