kumparan
17 Apr 2019 22:55 WIB

Demokrat Tunggu Hasil Perhitungan Real Count KPU

Agus Harimurti Yudhoyono memberikan pernyataan sikap Partai Demokrat atas hasil Quick Count. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan sikap Partai Demokrat terkait sejumlah hasil quick count atau hitung cepat oleh sejumlah lembaga survei.
ADVERTISEMENT
AHY menegaskan, Partai Demokrat memiliki sikap menunggu hasil hitung versi KPU selesai dilakukan. Baik penghitungan pilpres maupun pileg.
"Sama seperti yang dijelaskan kedua kandidat capres yaitu Pak Prabowo dan Pak Jokowi, termasuk sejumlah petinggi, pimpinan parpol peserta pemilu bahwa kami akan menghormati dan menunggu hasil resmi KPU itu langkah terbaik bagi kita semua termasuk dalam konteks pemilihan legislatif," ujar AHY di kantor DPP Partai Demokrat, Rabu (17/4).
"Dengan demikian akan mengurangi kesimpangsiuran dalam berita terkait hasil yang diraih di berbagai daerah," sambungnya.
Kepada relawan atau kader Partai Demokrat lainnya, AHY mengatakan agar ikut turun tangan untuk memastikan tak ada kecurangan terjadi terutama saat proses penghitungan suara dilakukan.
"Mari kita hargai proses yang berjalan kita kawal suara jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diharapkan terutama kecurangan yang terjadi di TPS maupun di tempat lainnya dalam proses penghitungan suara ini," ucap AHY.
ADVERTISEMENT
Kemudian, kata AHY, jika nantinya di dalam proses penghitungan suara ditemukan adanya laporan atau pengaduan dari elemen masyarakat. Ia meminta hal itu segera dilaporkan untuk nantinya dapat dicarikan solusi terbaik.
"Demokrat mengimbau kepada siapapun yang menemukan atau mendapatkan indikasi kecurangan tersebut agar mengumpulkan bukti buktinya dengan baik, dilaporkan dan lebih baik diserahkan lewat jalur hukum," kata AHY.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan