News17 September 2020 17:41

Deretan Hotel yang Siap Jadi Tempat Isolasi Corona

Konten Redaksi kumparan
Deretan Hotel yang Siap Jadi Tempat Isolasi Corona (61572)
Foto aerial suasana Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, di Jakarta, Kamis (10/9). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO
Pemerintah terus berupaya menyediakan fasilitas isolasi di luar rumah sakit bagi pasien virus corona tanpa gejala (OTG) maupun gejala ringan dan para tenaga kesehatan. Selain memaksimalkan kapasitas Wisma Atlet, upaya lainnya adalah mengalihfungsikan hotel sebagai tempat isolasi.
ADVERTISEMENT
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama menjelaskan ada beberapa hotel yang saat ini sudah memenuhi protokol kesehatan sebagai tempat isolasi. Mulai dari Ibis Hotel, Novotel Hotel, hingga Mercure Hotel. Hotel-hotel yang siap dipakai ini ada di wilayah Jabodetabek, Bali, dan Banjar Baru, Kalsel.
"Sementara ini hotel yang secara protokol kesehatan sudah siap adalah Yello Hotel, Ibis Hotel, Pop! Hotel, Mercure hotel; dan Novotel di Jabodetabek, lalu Ibis Kuta Bali, dan Novotel di Banjarbaru di Kalsel," jelas Wishnutama saat konferensi pers secara virtual, Kamis (17/9).
Deretan Hotel yang Siap Jadi Tempat Isolasi Corona (61573)
Menparekraf Wishnutama Foto: Dok. Kemenparekraf
Wishnutama memastikan pemakaian hotel sebagai tempat isolasi akan terus dikoordinasikan bersama Kemenkes. Nantinya, hotel yang menjadi tempat isolasi akan dilengkapi ambulans dan tenaga kesehatan.
"Sementara itu Kemenkes bertanggung jawab juga menyediakan tenaga kesehatan untuk pemantauan setiap hotel termasuk ambulans, dan lain-lain," terangnya.
Deretan Hotel yang Siap Jadi Tempat Isolasi Corona (61574)
Ilustrasi hotel untuk pasien corona. Foto: Facebook/Anies Baswedan
Wishnutama juga senantiasa membuka diri apabila ada hotel-hotel lain yang turut berperan dalam penyediaan tempat isolasi. Sehingga dapat membantu menekan penularan virus corona, khususnya dari para OTG ke kelompok rentan.
ADVERTISEMENT
"Kemenparekraf juga akan buka kesempatan untuk hotel lain gabung partisipasi bersama pemerintah guna menekan penyebaran COVID-19. Hal terpenting adalah hotel tersebut harus bisa terapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan ketentuan Kementerian Kesehatan," ungkapnya.
"Dengan dukungan hotel seperti isolasi mandiri ini, ke depannya pasien tanpa gejala dan pasien dengan gejala ringan dapat memanfaatkan fasilitas hotel untuk keperluan isolasi mandiri yang disiapkan agar tak tularkan ke keluarga atau lingkungan sekitar. Semoga langkah ini efektif dari pemerintah untuk menekan penyebaran COVID-19," pungkas Wishnutama.
Deretan Hotel yang Siap Jadi Tempat Isolasi Corona (61575)
Infografik cara aman masuk rumah usai bepergian di tengah wabah corona. Foto: kumparan
----------------------------------
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white