Lipsus- Balada Les CPNS Berjuta-juta- Cover

Di Balik Iming-Iming Bimbel CPNS Puluhan Juta Rupiah (2)

13 Oktober 2021 14:44
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Jutaan orang mendaftar sebagai CPNS setiap tahunnya. Tak sedikit yang berharap akan diterima dan menjadi pegawai sipil negara. Namun, alih-alih ikut jalur resmi melalui tes, ada saja orang yang memilih jalur instan. Buntutnya, bukan kursi PNS didapat, malah kena tipu. Inilah yang terjadi pada kasus yang menyeret anak Nia Daniaty, Olivia Nathania.
Peserta CPNS diiming-imingi menjadi PNS dengan menyetor uang puluhan juta rupiah. Belakangan, hal itu diduga bodong. Olivia kemudian berdalih hanya membuka les CPNS. Pertanyaannya: memangnya ada les CPNS yang menjamin pesertanya lulus tes CPNS? Dan bagaimana rentetan peristiwa yang dialami ratusan korban Olivia sehingga mereka sadar telah ditipu?
kumparan merunut kembali dugaan penipuan oleh Olivia Nathania, dan mewawancarai para penyelenggara jasa bimbel yang memberikan garansi lulus CPNS kepada para pesertanya. Simak laporan lengkapnya dengan berlangganan kumparan+.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparan+
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparan+
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Banyak orang rela merogoh kocek untuk lolos tes CPNS dengan ikut les khusus bertarif belasan sampai puluhan juta. Tapi, apakah itu benar-benar bisa menjamin kita jadi PNS? Atau jangan-jangan sebagian tipu-tipu saja alias kursus bodong? Klik di bawah.