News
·
23 Oktober 2020 17:35

Di Balik Lagu 'Ingat Pesan Ibu' yang Dinyanyikan Padi untuk Lawan Corona

Konten ini diproduksi oleh
Di Balik Lagu 'Ingat Pesan Ibu' yang Dinyanyikan Padi untuk Lawan Corona (62121)
Prof Wiku Adisasmito. Foto: BNPB
Pemerintah terus berupaya mengendalikan penularan baru corona di tengah masyarakat. Pembuatan lagu dengan tagline 'Ingat Pesan Ibu', juga dilakukan untuk semakin mempopulerkan protokol kesehatan yang sejak awal diciptakan untuk mengendalikan penularan.
ADVERTISEMENT
Juru bicara pemerintah terkait penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, mengatakan tagline tersebut murni diusulkan oleh Doni Monardo selaku Ketua Satgas COVID.
"Jadi ingat pesan ibu ini adalah sebuah tagline untuk pesan yang diusulkan dan diformulasikan oleh ketua Satgas COVID bapak Letjen Doni Monardo," ujar Wiku dalam diskusi BNPB dengan tema Sosialisasi Pesantren Darul Quran Iman, Aman, Imun, Jumat (23/10)
Lantas kenapa tagline itu yang dipilih mewakili pesan yang ingin disampaikan pemerintah kepada masyarakat?
Wiku menilai penerapan kebiasaan baru jelas bukan hal yang mudah, sama halnya dengan meminta masyarakat betul-betul mematuhi protokol kesehatan.
Sehingga, kata Wiku, dibutuhkan suatu formulasi sederhana namun melekat dapat terus diingat oleh masyarakat untuk melawan corona. Sampai pada akhirnya tercetus tagline tersebut yang kini juga dinyanyikan dalam bentuk lagu oleh Band Padi.
Di Balik Lagu 'Ingat Pesan Ibu' yang Dinyanyikan Padi untuk Lawan Corona (62122)
ilustrasi ibu bersikap tetap tenang untuk anak Foto: Shutterstock
"Kita tahu semua orang pastilah lahir dari rahim seorang ibu, dan ibu adalah orang yang membesarkan kita semuanya dan ini adalah sesuatu pesan yang sangat penting apabila disampaikan oleh seorang ibu kepada anaknya dan kebetulan kalau ibu dilihat sebagai orang tua dan potensi tertular juga tinggi dari lingkungan sekitarnya dan rentan," ucap Wiku.
ADVERTISEMENT
Sehingga diharapkan, tidak hanya dapat dinyanyikan, pesan dari tagline tersebut juga dapat tersampaikan. Agar protokol kesehatan dapat dijalankan secara baik oleh seluruh masyarakat Indonesia.
"Maka dari itu kita berikan tagline ingat pesan ibu, agar semua orang di Indonesia betul-betul bisa mematuhi permintaan ibunya yakni mematuhi protokol 3M termasuk di dalam lingkungan pesantren," kata Wiku.
Video