News
·
26 Maret 2021 10:14

Didatangi Bupati, Ibu di Lumajang Tak Jadi Jual Ginjal untuk Bayar Utang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Didatangi Bupati, Ibu di Lumajang Tak Jadi Jual Ginjal untuk Bayar Utang (319358)
searchPerbesar
Ilustrasi uang dari prostitusi. Foto: Shutter Stock
Seorang ibu di Lumajang, Jawa Timur, Farhiatun Naini (Aini) nekat ingin menjual ginjal demi membayar utang. Ia sempat berniat untuk menjual organ tubuhnya itu Rp 500 juta.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, niatnya itu diurungkan setelah didatangi Bupati Lumajang Thoriqul Haq di rumahya pada Kamis (26/3). Ia mengaku sangat emosional saat mengambil keputusan tersebut.
"Tidak ada lagi niat untuk jual ginjal. Saya juga mohon maaf waktu itu terlalu emosional," ujar Aini kepada Antara, Jumat (27/3).
Thoriq mengatakan, Pemkab Lumajang akan memberikan modal usaha kepada Aini untuk membantu kondisi keuangan keluarganya.
Didatangi Bupati, Ibu di Lumajang Tak Jadi Jual Ginjal untuk Bayar Utang (319359)
searchPerbesar
Bupati Lumajang Thoriqul Haq berbincang dengan Warganya, Farhiatun Naini yang ingin menjual ginjalnya. Foto: Zumrotun Solichah/ANTARA
Sementara itu, untuk utang Aini kepada rekannya telah dibantu oleh pihak keluarga. "Untuk pinjaman di bank saya komunikasikan ke perbankan untuk mendapatkan relaksasi kredit supaya ada tenggang waktu dalam menyelesaikan bantuan," ujar Thoriq.
Terkait peristiwa itu, ia meminta masyarakat untuk memanfaatkan instansi pemerintahan terkait untuk mendapatkan informasi berbagai kebijakan.
ADVERTISEMENT
"Banyak cara untuk mendapatkan akses informasi kebijakan bantuan dari pemerintah, manfaatkan kepala desa, lurah, camat, dan saya juga membuka ruang untuk menyampaikan kepada saya," tambahnya.
Sebelumnya, warga Lumajang dihebohkan dengan kabar Aini yang akan menjual ginjalnya Rp 500 juga karena terlilit utang Rp 2 juta ke temannya serta tunggakan pinjaman bank.