News
·
31 Desember 2017 15:45

Didemo, Pemerintah Iran Putus Koneksi Internet di Beberapa Kota

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Didemo, Pemerintah Iran Putus Koneksi Internet di Beberapa Kota (14524)
Demonstrasi di Iran. (Foto: AFP/Hamed Malekpour/Tasnim News)
Memasuki hari ketiga demonstrasi anti-pemerintah, penyedia jasa telekomunikasi terbesar di Iran memutus akses internet pelanggannya di beberapa kota.
ADVERTISEMENT
Perusahaan tersebut adalah Mobile Telecommunication Company of Iran (MTCI) yang juga dikenal dengan brand Hamrahe Aval. MTCI adalah anak perusahaan Telecommunication Company of Iran (TCI), perusahaan telekomunikasi miliki pemerintah Iran.
Seperti dilansir Al Arabiya dan Times of Israel, pemutusan akses internet tersebut dilakukan sebagai bentuk kontrol arus informasi yang dimanfaatkan oleh demonstran anti-pemerintah. Kota-kota seperti Kashan, Khorramabad, Zanjan, dan Ahvaz disebut menjadi beberapa yang terkena tindakan MTCI.
Seperti dikutip dari Al Arabiya, kendali perusahaan MTCI berada pada Islamic Revolutionary Guard Corps (Garda Revolusi Islam Iran - IRGC) dan pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei.
Dalam tiga hari terakhir, media sosial menjadi senjata utama para demonstran untuk menunjukkan respons brutal angkatan bersenjata dalam menghadapi demonstrasi yang berjalan damai tersebut.
ADVERTISEMENT
Sampai Minggu (31/12) ini, sudah dua orang dilaporkan tewas dalam aksi demonstrasi tersebut (beberapa media lokal menyebut korban tewas mencapai 3 sampai 4 orang, namun belum terkonfirmasi). Keduanya dilaporkan ditembak oleh petugas keamanan Iran dalam aksi demonstrasi di Dorud, sebuah kota di bagian barat Iran.
Ini bukan pertama kali Iran memblokir akses internet saat demonstrasi berlangsung. Di tahun 2009, pemerintah Iran juga memutus saluran internet saat ribuan orang berdemo memprotes terpilihnya kembali Mahmoud Ahmadinejad sebagai presiden.