kumparan
search-gray
News22 April 2020 11:31

Dirlantas Polda Metro: Tol Layang Japek Ditutup Selama Larangan Mudik

Konten Redaksi kumparan
Dirlantas Polda Metro: Tol Layang Japek Ditutup Selama Larangan Mudik (1113307)
Foto udara proyek pembangunan jalan layang tol Jakarta-Cikampek. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Presiden Jokowi melarang mudik untuk mencegah penyebaran virus corona. Setelah keputusan ini diumumkan, semua pihak yang terkait dengan mudik langsung menyiapkan skema pengamanan, termasuk Ditlantas Polda Metro Jaya.
ADVERTISEMENT
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo mengatakan, ada sejumlah skema yang disiapkan dalam menjalankan larangan mudik ini. Salah satunya menutup tol layang Japek.
"Tol Jakarta-Cikampek Elevated akan kita tutup mulai Kamis malam besok. Jadi baik yang dari arah Cikunir maupun dari arah Tol [Dalam] Kota ke Elevated kita tutup sehingga semua akan lewat bawah," kata Sambodo dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Rabu (22/4).
Dirlantas Polda Metro: Tol Layang Japek Ditutup Selama Larangan Mudik (1113308)
Foto Udara Tol Layang (Elevated) Jakarta-Cikampek (Japek) II di Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (15/12). Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Sambodo mengatakan, saat ini Tol layang Jakarta-Cikampek memang khusus untuk mobil kecil atau golongan I. Dengan begitu, semua kendaraan hanya melintas di tol Jakarta-Cikampek lama.
Hal ini juga dapat mempermudah pemeriksaan terhadap semua kendaraan yang melintas. Ditlantas Polda Metro Jaya sudah menyiapkan check point khusus untuk memeriksa kendaraan yang melintas.
ADVERTISEMENT
"Tol elevated kan hanya untuk kendaraan kecil maka tol elevated kita tutup dan nanti akan kita lakukan pemeriksaan di Cikarang Barat, namun bagi kendaraan pembawa logistik bisa lewat Cikampek lurus terus. Kalau ada kendaraan penumpang lewat kita minta untuk putar balik," jelas dia.
Sejauh ini akan ada penambahan check point untuk memastikan tak ada warga yang melanggar larangan mudik. Check point ini akan tersebar di pintu masuk Jabodetabek baik di tol maupun di jalan arteri.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.