News
·
5 Mei 2021 17:50

DKI Mulai Suntikkan Vaksin AstraZeneca di 3 Wilayah Prioritas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
DKI Mulai Suntikkan Vaksin AstraZeneca di 3 Wilayah Prioritas (297135)
Vaksinator mempersiapkan vaksin COVID-19 Astrazeneca sebelum diberikan kepada warga di Puskesmas Kota Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (22/3). Foto: Umarul Faruq/Antara Foto
Pemprov DKI Jakarta hari ini, Rabu (5/5), mulai menyuntikkan vaksin AstraZeneca kepada warga Jakarta. Ada 3 sasaran pada pemberian vaksin AstraZeneca di Jakarta.
ADVERTISEMENT
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, ada 3 wilayah prioritas yang akan diberikan vaksin AstraZeneca. Pertama, vaksin tersebut akan diberikan kepada RW-RW yang masuk dalam golongan RW kumuh. Pemetaan RW kumuh sesuai dengan Pergub Nomor 90 Tahun 2018.
"Begitu kita terima vaksin AstraZeneca, langsung kita lapor Pak Gubernur dan Aspem, hari Jumat kemarin sudah melakukan V-con, menyiapkan para wali kota, camat, kepala SKPD terkait, Sudinkes, dan Satgas, untuk siaga menyiapkan terkait skenario bahwa sudah mulai diberikan vaksinasi kepada usia 18 tahun ke atas di daerah-daerah RW kumuh," ujar Widyastuti dalam Media Update, Rabu (5/5).
DKI Mulai Suntikkan Vaksin AstraZeneca di 3 Wilayah Prioritas (297136)
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
"DKI Jakarta mempunyai Pergub 90 Tahun 2018 yang memuat kecamatan mana, RW mana yang ada daerah-daerah kumuh," lanjut Widyastuti.
ADVERTISEMENT
Kedua, vaksinasi dengan AstraZeneca ini diperuntukkan bagi daerah yang memiliki kasus COVID-10 varian of concern. Di Jakarta diketahui varian India dan Inggris sudah teridentifikasi.
"Kita juga konsentrasi pada daerah yang mempunyai varian of concern (VoC) karena kita tahu sudah ada informasi tentang adanya varian baru di Indonesia dan di Jakarta," tutur Widyastuti.
DKI Mulai Suntikkan Vaksin AstraZeneca di 3 Wilayah Prioritas (297137)
Vaksinator mempersiapkan vaksin COVID-19 Astrazeneca sebelum diberikan kepada warga di Puskesmas Kota Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (22/3). Foto: Umarul Faruq/Antara Foto
Ketiga, di zona merah Jakarta. Selain zona merah, zona oranye juga masuk dalam pertimbangan penerima AstraZeneca pada bulan Mei ini.
"Ada 4 zonasi di PPKM Mikro: merah, oranye, kuning, dan hijau. Kita pilih yang zona merah dan oranye untuk dilakukan penyuntikan," tutur Widyastuti.
Pemberian vaksin AstraZeneca akan disesuaikan dengan dosis yang diterima Jakarta. Saat ini Jakarta baru menerima 500 ribu dosis dari 1,5 juta dosis yang dijanjikan Kementerian Kesehatan.
ADVERTISEMENT
"Sekali lagi bahwa prioritas tadi sesuai dengan Pergub 90, VoC, dan PPKM mikro. Saya berharap warga DKI Jakarta tidak perlu ragu tidak perlu khawatir, bahwa kita semua menjaga betul yang kita berikan memang sudah sesuai dengan standar," tutup Widyastuti.
****
Saksikan video menarik di bawah ini: