kumparan
7 Juli 2019 12:11

Doni Monardo: Prestasi yang Diraih BNPB Adalah Karya Pak Topo

Rumah Duka Sutopo.
Kepala BNPB Doni Monardo Tiba di Rumah Duka Sutopo di Raffles Hills, Depok. Foto: Ferry Fadlurrahman/kumparan
Kepala BNPB Letjen Doni Monardo melayat ke rumah duka Kepala Pusat Data dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Raffles Hills, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7). Ia diterima oleh putra Sutopo, Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho.
ADVERTISEMENT
Doni mengenang jasa-jasa Sutopo dalam membesarkan BNPB. Ia mengatakan sejumlah prestasi yang diraih BNPB adalah karya dari pria asal Boyolali tersebut.
“Beliau juga telah membesarkan nama BNPB sejak BNPB dilahirkan pada 2008 yang lalu. Kemudian sejumlah prestasi yang telah diraih oleh BNPB, ini adalah karyanya Pak Topo,” ujar Doni di rumah duka.
“Termasuk yang terakhir adalah pemberian penghargaan dari PBB di Baku, Azerbaijan dalam bidang inovasi kebencanaan yaitu petabencana.id yang meraih peringkat tertinggi,” tambahnya.
Selain itu, Doni juga selalu takjub dengan semangat dari Sutopo yang selalu memberikan informasi meskipun berada dalam kondisi sakit karena kanker paru-parunya. Ia menganggap meninggalnya Sutopo adalah kehilangan yang besar bagi BNPB.
“Kami keluarga BNPB sekali lagi sangat kehilangan dan bagi kami Pak Topo adalah pahlawan kemanusiaan,” tandasnya.
ADVERTISEMENT
Sutopo meninggal di Guangzhou, China setelah mengalami perawatan untuk menyembuhkan kanker paru-paru stadium 4B. Rencananya jenazah akan dipulangkan ke Jakarta pada malam ini dan dimakamkan di Boyolali besok, Senin (8/7).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan