News
·
18 Juni 2021 1:57
·
waktu baca 1 menit

DPRD Jabar: Penting Terapkan Nilai Pancasila di Pendidikan Tingkat Menengah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
DPRD Jabar: Penting Terapkan Nilai Pancasila di Pendidikan Tingkat Menengah (613414)
searchPerbesar
Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman (kanan). Foto: Dok. Istimewa
Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman menekankan pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila dalam giat pembelajaran terutama di pendidikan tingkat menengah. Hal itu perlu untuk menciptakan generasi emas Indonesia pada tahun 2045 mendatang.
ADVERTISEMENT
"Kita memiliki satu gambaran mengoperasionalkan pembudayaan Pancasila ini bisa diterapkan di jenjang pendidikan menengah," kata Bedi melalui keterangannya di Kabupaten Bandung, Kamis (17/6).
Guna menekankan penerapan nilai Pancasila, menurut Bedi, pihaknya bakal mendorong agar pemberian bahan ajar mengenai Pancasila melalui silabus pendidikan dapat disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami murid.
"Teks (Pancasila) harus disampaikan oleh guru dengan menyampaikan kalimat yang mudah dipahami," ucap dia.
"Para guru juga menyampaikan informasi bahwa perlu ada penyampaian langkah bersama," lanjut dia.
DPRD Jabar: Penting Terapkan Nilai Pancasila di Pendidikan Tingkat Menengah (613415)
searchPerbesar
Ilustrasi Garuda Pancasila. Foto: Shutter Stock
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Jabar Dedi Supandi mengaku bakal berupaya menerapkan nilai Pancasila pada murid melalui 'Budaya Hari'. Misalnya, pada hari Senin murid akan diberi materi mengenai anti korupsi, hari Selasa mengenai wawasan kebangsaan, Rabu mengenai nasionalisme, dan seterusnya.
ADVERTISEMENT
"Itu yang akan dilakukan nanti untuk memboomingkan budaya Pancasila. Tentu ini menjadi sebuah bagian yang akan kami lakukan dalam rangka mempersiapkan anak didik tahun 2024 yang akan datang," kata dia.