News
·
28 Agustus 2020 10:38

Dua Dokter di Pulau Simeulue Aceh Positif Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Dua Dokter di Pulau Simeulue Aceh Positif Corona (20551)
Ilustrasi positif terkena virus corona. Foto: Shutter Stock
Dua dokter di Kabupaten Simeulue, Aceh, terkonfirmasi positif corona. Hasil itu diketahui berdasarkan pemeriksaan swab yang dikeluarkan Balitbangkes Aceh di Aceh Besar.
ADVERTISEMENT
Jubir Satgas COVID-19 Simeulue, Ali Muhayatsah, mengatakan, kabar tentang adanya dua dokter positif COVID-19 itu diperoleh pada Kamis (27/8) malam sekitar pukul 21.52 WIB dari Balitbangkes Aceh.
“2 orang yang dinyatakan positif COVID-19 itu adalah ID (34) dan RY (29), profesi keduanya sebagai dokter. Sekarang sudah dirawat di ruang isolasi RSUD Simeulue,” kata Ali, Jumat (28/8).
Ali menjelaskan, pada Selasa (25/8) lalu RSUD Simeulue melaksanakan pengambilan sampel swab terhadap 7 orang, 6 petugas Medis, dan 1 ASN Setdakab kabupaten setempat. Sampel itu lalu dikirimkan ke Balai Litbangkes Aceh pada hari tersebut melalui kapal laut.
“Berdasarkan hasil yang dikeluarkan oleh Balai Litbangkes Aceh, dari tujuh sampel yang dikirim 2 diantaranya positif corona, sedangkan 6 lainnya negatif,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Ali menuturkan, atas hasil tersebut Satgas COVID-19 Simeulue akan melakukan langkah-langkah penanganan baik terhadap pasien, keluarga pasien, hingga orang-orang yang telah bersentuhan atau kontak fisik terhadap bersangkutan.
“Satgas COVID-19 Simeulue mengajak dan menghimbau kepada semua masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker disaat beraktifitas diluar rumah, jaga jarak dan cuci tangan sesering mungkin dengan sabun,” pungkas.
Diketahui hingga saat ini, data pasien positif COVID-19 di Simeulue telah mencapai sebanyak 6 orang. Rinciannya, pasien sembuh 2 orang, dalam perawatan 3 orang, dan meninggal dunia satu orang.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)