kumparan
15 Februari 2020 19:22

Dubes RI di China Senang WNI Pulang: Kelak Kita Makan Sop Konro di Wuhan

PTR-WNI di Natuna
Warga Negara Indonesia (WNI) berjalan menuju pesawat di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
285 WNI dari Wuhan, China, yang diobservasi di Natuna, akhirnya pulang ke daerah masing-masing. Kabar ini pun disambut bahagia Dubes RI untuk China dan Mongolia, Djauhari Oratmangun.
ADVERTISEMENT
Djauhari sempat video call bersama para WNI itu, sehari sebelum kepulangan dari Natuna. Menurutnya, para WNI yang mayoritas adalah pelajar dan mahasiswa itu bergembira akhirnya menyelesaikan masa observasi dan dinyatakan negatif virus corona.
"Terpancar dari suara dan wajah mereka yang riang gembira bahwa hari ini terbang ke Bandara Halim Perdanakusuma untuk selanjutnya kembali berkumpul bersama keluarga dan semua yang mereka kasihi," ungkap Djauhari, Sabtu (15/2).
Dubes Indonesia di China, Djauhari Oratmangun
Dubes Indonesia di China, Djauhari Oratmangun. Foto: Feby Dwi Sutianto/kumparan
Melihat para WNI yang gembira itu, Djauhari turut larut dalam kebahagiaan. Menurutnya, kegembiraan para WNI itu karena pemerintah hadir dalam melindungi warga negaranya.
"Saya pun ikut lebur dalam kebahagiaan mereka. Senang dan bahagia bahwa hingga saat ini negara dan pemerintah terus hadir bersama mereka," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Ia meminta para WNI untuk bersyukur kepada Tuhan. Djauhari pun menunggu kedatangan para WNI itu kembali ke China.
"Bapak dan teman-teman di KBRI senang banget dan bahagia bahwa kalian semua sehat. Salam hangat dari Beijing. Kelak kita makan sop konro sama-sama di Wuhan," kelakarnya.
Loading Instagram...
Ia juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden Jokowi, Menlu Retno Marsudi, Menkes Terawan Agus Putranto, hingga Kepala BNPB Doni Monardo.
WNI di Natuna
Warga Negara Indonesia (WNI) bersiap meninggalkan ruang observasi di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (15/2). Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Djauhari pun juga turut mengapresiasi lima anggota tim advance deri KBRI Beijing yang telah mendampingi kepulangan WNI sejak dari Wuhan.
"Terima kasih khusus kepada tim lima KBRI, sop buntut menanti di Beijing. Job well done," terangnya.
285 WNI itu menjalani observasi di Lanud Raden Sadjad selama masa inkubasi virus corona 14 hari sejak Minggu (2/2). Mereka dievakuasi dari Bandara Wuhan, Hubei, China, Sabtu (31/2).
ADVERTISEMENT
Selama observasi, Selama itu, tes kesehatan dilakukan secara berkala untuk memastikan mereka tak menunjukkan gejala virus corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan