News28 Mei 2018 19:35

Ekonomi dan Maritim, Topik Utama Pertemuan Jokowi-PM India di Jakarta

Konten Redaksi kumparan
Ekonomi dan Maritim, Topik Utama Pertemuan Jokowi-PM India di Jakarta  (8513)
Kunjungan kerja Jokowi ke India (Foto: Biropers/Kris)
Isu ekonomi akan menjadi topik utama dalam pertemuan bilateral Perdana Menteri India, Narendra Modi dan Presiden Joko Widodo. Modi direncanakan tiba di Jakarta pada Selasa, 29 Mei, besok. Modi baru akan bertemu Jokowi pada 30 Mei mendatang.
ADVERTISEMENT
Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat menyebut, lawatan Modi merupakan kunjungan balasan dari dua kali lawatan Presiden Jokowi ke negaranya. Dia menjelaskan sebagai dua negara yang berbatasan laut, sudah seharusnya kedua negara memperkuat kerja sama khususnya di bidang ekonomi.
Ekonomi dan Maritim, Topik Utama Pertemuan Jokowi-PM India di Jakarta  (8514)
Konferensi Pers Kedatangan PM India (Foto: Rafiq/kumparan)
"Sejak 2015 kami menjalin kemitraan strategis dengan Indonesia, (pertemuan Jokowi dan Modi) akan ada pembahasan mengenai ekonomi dan kemaritiman," sebut Rawat dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (28/5).
"Komitmen dan keterikatan perekonomian akan menjadi jalinan penting antar kedua pemimpin, Indonesia kami tahu merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara," sambung dia.
Rawat mengatakan, lawatan PM Modi juga akan membuktikan bawah Indonesia-India memiliki banyak kesamaan, khususnya dalam bidang kehidupan bermasyarakat.
ADVERTISEMENT
"Kedua negara menghargai prinsip berdemokrasi dan pluralisme, dan masyarakatnya sangat terbuka," tutur Rawat.
Pertemuan dengan Modi pada Rabu mendatang, merupakan pertemuan yang ketiga bagi Jokowi sejak dilantik jadi Presiden 2014 lalu. Terakhir, kedua pemimpin bertemu di sela di KTT ASEAN-India di New Delhi awal 2018 lalu.
Saat itu, kepada Modi, Jokowi membahas masalah tingginya tarif bea masuk minyak nabati RI ke India.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white