kumparan
28 Mei 2018 18:49

Emil-Uu Unggul di Survei Kedua Kompas, Timses Yakin Trennya Terus Naik

Debat publik kedua cagub-cawagub Jabar.
Debat publik kedua cagub-cawagub Jabar. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat nomor urut satu, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum, unggul dalam survei kedua yang dilakukan Litbang Kompas periode Mei 2018.
ADVERTISEMENT
Pada hasil survei kali ini, elektabilitas pasangan RINDU mencapai 40,4%, mengungguli pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dengan suara 39,1%. Selisih hanya 0,7%.
Hasil ini berbeda dengan hasil survei Litbang Kompas pada Februari 2018 lalu, di mana saat itu pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi mengungguli dengan 42,8%. Sementara itu, pasangan RINDU mengikuti di bawahnya dengan 39,9%.
Ketua Tim Pemenangan pasangan RINDU, Saan Mustopa, menanggapi hasil survei Litbang Kompas terbaru. Ia menyebut hasil ini menunjukkan tren pasangan RINDU terus meningkat. Saan yakin hasil positif ini dapat bertahan hingga masa pencoblosan pada 27 Juni 2018 mendatang.
Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum
Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum. (Foto: Antara/M Agung Rajasa)
"Jika kita lihat dari dua survei yang digelar Litbang Kompas, tren elektabilitas pasangan RINDU cenderung naik dan ini merupakan sinyal positif yang harus terus diperkuat, agar trennya tidak turun tapi terus naik," ujar Saan, Senin (28/5).
ADVERTISEMENT
Ia menuturkan jika dilihat dari geopolitik, Ridwan-Uu terlihat menguasai wilayah Priangan Timur, Priangan Barat dan Bandung Raya.
"Secara basis elektoral pasangan RINDU memang kuat di tiga kawasan ini, dan ini akan kami pertahankan terus agar potensi suaranya tidak tertarik oleh calon pasangan lain," lanjut dia.
Menuju satu bulan sebelum pemungutan suara, pasangan ini akan berkonsentrasi dengan melakukan penetrasi di wilayah-wilayah yang mereka belum kuat. Di antaranya adalah Purwakarta, Bekasi, Cirebon, Subang dan lainnya. Targetnya adalah basis elektoral pasangan RINDU dapat meningkat secara signifikan.
Lebih lanjut, Saan menuturkan pasangan RINDU memiliki keunggulan lain yaitu dukungan kaum milenial yang akan terus dioptimalkan.
Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum
Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Fahrul Jayadiputra/ANTARA)
"Kalangan milenial, punya pengaruh kuat terhadap basis pemilih yang lain, misalnya anak-anak SMA dan mahasiswa yang dapat memengaruhi kedua orang tuanya, untuk memilih pasangan RINDU, dan Kang Emil memiliki pengaruh kuat di kalangan millenial" ungkap Saan.
ADVERTISEMENT
Pasangan ini juga fokus pada wilayah megapolitan, karena strategis dan karakter pemilihnya yang rasional. Ridwan-Uu akan menawarkan pentingnya kepemimpinan Jawa Barat selama lima tahun kedepan secara kreatif dan inovatif.
"Kita akan menyosialisasikan pentingnya kepemimpinan Jabar ke depan yang kreatif dan inovatif, agar megapolitan yang sarat dengan pertumbuhan indsutri tidak menjadi timpang," tutupnya.
Survei Litbang Kompas kedua dilakukan pada 10-15 Mei 2018. Survei melibatkan 800 responden dengan usia minimal 17 tahun, dipilih secara acak dengan menggunakan metode proporsional bertingkat berdasarkan jumlah penduduk di setiap wilayah di Provinsi Jawa Barat. Margin of error survei mencapai +/- 3,46 persen.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan