kumparan
10 September 2019 18:29

Fadli soal Istana di Papua: Asal Benar Dibangun, Jangan Kayak Esemka

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Presiden Joko Widodo menyanggupi permintaan sejumlah tokoh adat dan masyarakat Papua untuk membangun Istana Kepresidenan di Bumi Cendrawasih. Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengapresiasi kesanggupan Jokowi bangun Istana di Papua.
ADVERTISEMENT
Namun, ada satu catatan dari Fadli, ia meminta agar pembangunan Istana di Papua benar-benar dilakukan. Ia lalu menyinggung soal Esemka, yang diakuinya digadang-gadang buatan lokal namun rupanya produk luar.
"Silakan saja, asal beneran (dibangun). Jangan nanti kayak Esemka nasibnya. Sekarang juga Esemka kan hanya penempelan merek. Banyak yang berpendapat begitu," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9).
Namun, Fadli menyarankan agar legislatif tetap berkantor di Jakarta. Dan eksekutif bisa ditempatkan di mana saja, seperti di ibu kota baru di Kalimantan Timur.
Sebelumnya, dalam pertemuan di Istana Negara, Presiden Jokowi menyanggupi aspirasi tokoh-tokoh Papua untuk membangun Istana Kepresidenan di Papua. Usulan itu agar Jokowi bisa berkantor di Papua.
ADVERTISEMENT
"Istana, ini kan yang sulit tanahnya. Ini tanahnya tadi disediakan 10 hektar, gratis. Benar sudah ada? Nanti kalau disampaikan hari ini, de facto sudah diserahkan, saya diskusi dulu dengan para menteri. Jadi mulai tahun depan Istana ini akan dibangun," ungkap Jokowi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan