News
·
22 Juli 2021 13:57
·
waktu baca 2 menit

Fadli Zon: Apa Fungsi MWA UI? Sebaiknya Dibubarkan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Fadli Zon: Apa Fungsi MWA UI? Sebaiknya Dibubarkan (37595)
searchPerbesar
Anggota DPR RI, Fadli Zon. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Selain meminta pemerintah mencabut PP 75 2021 tentang Statuta Universitas Indonesia (UI) yang memperbolehkan Rektor UI rangkap jabatan, Waketum Partai Gerindra Fadli Zon juga meminta agar Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) dibubarkan.
ADVERTISEMENT
Sebab, sejauh ini Fadli menilai, organisasi tersebut tak jelas sama sekali. Baik dari fungsinya hingga para anggota di dalam MWA UI. MWA UI termasuk Tim Revisi Statuta UI.
"Dan dalam kasus seperti UI, MWA itu saya enggak tahu fungsinya apa ya. Sebaiknya MWA itu dibubarkan saja. Apalagi diisi oleh orang-orang yang menurut saya enggak jelas gitu ya. Jadi mereka itu apa fungsinya?" kata Fadli, Kamis (22/7).
Anggota DPR ini menilai, perguruan tinggi harusnya mengutamakan independensi sehingga tidak terpengaruh pihak luar. Fadli yang merupakan alumni UI ini mengaku malu dengan adanya perubahan statuta demi rangkap jabatan komisaris.
"Sudah terjadi namanya pelanggaran terhadap Statuta UI. Saya ini juga berbicara sebagai alumni UI, S1, S3 dan saya pernah mewakili UI sebagai mahasiswa berprestasi UI di tingkat UI dan nasional jadi kita sebagai alumni juga malu. Bahkan kita sebenarnya sudah menggalang gitu keprihatinan itu," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Dilihat dari website UI.ac.id, MWA UI adalah organ UI yang menjalankan fungsi normatif di bidang non-akademik yang mewakili pemerintah, masyarakat dan UI dalam menentukan kebijakan umum, mengawasi dan mengevaluasi pengelolaan UI termasuk kondisi kesehatan keuangan. MWA beranggotakan 17 (tujuh belas) orang.
Fadli Zon: Apa Fungsi MWA UI? Sebaiknya Dibubarkan (37596)
searchPerbesar
Universitas Indonesia. Foto: Dok. UI
Aturan mengenai pemilihan MWA yaitu:
1. Anggota MWA diangkat dan diberhentikan oleh menteri berdasarkan usulan Senat Akademik (SA).
2. Anggota MWA, kecuali yang mewakili unsur Mahasiswa dipilih untuk masa jabatan 5 (lima) tahun, dan dapat dipilih kembali untuk 1 (satu) kali masa jabatan.
3. Anggota MWA yang mewakili unsur Mahasiswa dipilih untuk masa jabatan 1 (satu) tahun, dan dapat dipilih kembali untuk 1 (satu) kali masa jabatan.
4. MWA dipimpin oleh seorang ketua dan dibantu oleh seorang sekretaris untuk masa jabatan 2,5 (dua koma lima) tahun, dan dapat dipilih kembali untuk 1 (satu) kali masa jabatan.
ADVERTISEMENT
Keanggotaan MWA UI terdiri dari:
Ketua : Saleh Husain
Sekretaris: Wiku B. B Adisasmito
Anggota:
1. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
2. Rektor UI
3. Bambang Brodjonegoro
4. Corina D.S Riantoputra
5. Fredy B. L. Tobing
6. Sri Mardiyati
7. Sri Mulyani Indrawati
8. Yosi Kusuma Eriwati
9. Darmin Nasution
10. Erick Thohir
11. Hans Kartikahadi
12. Jonathan Tahir
13. Noni S. A. Purnomo
14. Luluk Tri Wulandari
15. Ahmad Naufal Hilmy