News
·
23 Mei 2020 8:01

Fakta-fakta Jatuhnya Pesawat di Karachi, Pakistan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Fakta-fakta Jatuhnya Pesawat di Karachi, Pakistan (251264)
Petugas penyelamat menyemprotkan air ke pesawat Pakistan International Airlines setelah jatuh di daerah perumahan di Karachi, Pakistan (22/5). Foto: AFP/ASIF HASSAN
Pesawat berpenumpang sekitar 100 orang jatuh di permukiman penduduk di selatan Kota Karachi, Pakistan, Jumat (22/5). Menurut media lokal Pakistan, pesawat tersebut berasal dari maskapai Pakistan International Airlines (PIA) dengan nomor penerbangan PK-8303 dan memiliki rute Lahore-Karachi.
ADVERTISEMENT
"Pesawat jatuh di wilayah Jinnah Garden dekat Model Colony di Malir," kata juru bicara PIA Abdul Sattar Khokhar dilansir The Nation, Jumat (22/5).
Sempat beredar kabar, pilot pesawat tersebut sempat menghubungi menara ATC dan mengabarkan jika salah satu mesin pesawatnya tidak berfungsi. Tak sampai satu menit kemudian, pilot lalu memberikan kode 'may day'.
Dalam dunia penerbangan, kode 'may day' biasanya digunakan untuk mengabarkan kondisi darurat. Kode ini dicetuskan oleh Frederick Stanley Mockford pada 1923 silam.
Akibat kecelakaan ini, diprediksi seluruh penumpang pesawat yang sudah beroperasi selama 15 tahun itu tak ada yang selamat. Laporan terakhir menyebutkan, ada 99 orang penumpang dan kru di dalam pesawat nahas tersebut.
"Saat ini, dari apa yang kami lihat tidak ada yang selamat dari pesawat itu, namun ini belum terkonfirmasi," kata Wali Kota Karachi, Waseem Akhtar, seperti dikutip Reuters.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan laporan Reuters, sudah ada 56 kantong jenazah yang sudah dievakuasi. Sementara itu, menurut Yayasan Amal Edhi, masih ada puluhan penumpang lain yang masih tertimbun di bawah reruntuhan puing pesawat.
"Sesuai perkiraan kami, ada sekitar 50 jenazah di bawah reruntuhan," kata Kepala Yayasan Amal Edhi, Faisal Edhi.
Beruntung, Menteri Informasi Pakistan Syed Nasir Hussain Shah, ada dua penumpang pesawat yang ditemukan selamat.
--------------------------------------------------
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.